Spektrum

Bersama Membangun Negeri

Masjid Hualoi, Tomalehu dan Latu Siap Dibangun

Masjid Hualoi, Tomalehu dan Latu Siap Dibangun

AMBON, SPEKTRUM – Janji Gubernur Maluku untuk membangun 3 (tiga) Mesjid di Desa Hualoi, Latu dan omalehu, Kecamatan Amalatu, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) segera direalisasikan Dinas PUPR Provinsi Maluku.

Demikian penjelasan ini disampaikan Kepala Dinas PUPR Provinsi Maluku, Mat Marasabessy di Kantor DPRD Maluku, Rabu (27/01/2021). Pembangunan tiga masjid di ketiga desa yang dijanjikan Gubernur Maluku, Murad Ismail tersebut telah didesain dan diupayakan ada kesamaan di tiga masjid tersebut sama.

“Masjid untuk Negeri Hualoi, Tumalehu dan Latu telah didesain kalau bisa bagian depannya sama. Kami masih tetap berkoordinasi dengan pak gubernur,” katanya.

Anggaran pembangunan masjid-masjid itu kata Marasabessy telah ada dan dititipkan di Biro Kesra Setda Maluku. “Uangnya telah ada di Biro Kesra kita titipkan disitu,” katanya.

Ditegaskan, proses pembangunan saat ini tinggal dieksekusi dan siap bangun, bahkan ada juga beberapa program lain yang akan disuport di tiga desa itu.

Sebelumnya, saat rapat bahas surat masuk di Komisi III DPRD Maluku, M. Hatta Hehanusa anggota DPRD Dapil SBB mempertanyakan tentang pembangunan masjid di tiga desa itu.

“Sebagai anak Negeri dan wakil rakyat dapil SBB saya pertanyakan realisasi pembangunan masjid di tiga desa itu karena masyarakat sering pertanyakan hal ini ke saya,” katanya.

Kalau memang janji tersebut dalam tahap realisasi kata Hehanusa maka masyarakat tiga desa itu sangat berterimakasih.

“Kalau memang telah direalisasikan maka kami sangat bersyukur karena memang itu yang kami harapkan,” kata Hatta puas.

Sementara beberapa warga masyarakat yang dimintai pendapat terhadap pembangunan tempat ibadah atau Mesjid di tiga Negeri tersebut, adalah merupakan kebanggan tersendiri, karena memang selama ini masyarakat membutuhkan tempat ibadah yang benar-benar nyaman dan dapat beribadah dengan tenang.

“Ini kebanggaan bagi kami masyarakat. Apalagi ide dari Gubernur Maluku untuk pembangunan Mesjid di Negeri Hualoi, Latu dan Tamalehu. Kami ingin beribadah dengan tenang dan nyaman. Kami tentunya berterima kasih sekali, karena Gubernur menginstruksikan Dinas PUPR Maluku untuk program tersebut,” jelas Acmad warga Tomalehu melalui sambungan selulernya kemarin.

Senada juga Iwan dan Jafar, yang adalah warga Latu dan Hualoi menuturkan, program Gubernur seperti ini kepada masyarakat Maluku, khususnya masyarakat di Kabupaten SBB ini, menunjukan kerja gagasan kepada masyarakat dengan pembangunan.

“Ini memang adalah kerja gagasan Gubernur kepada masyarakat Maluku. Patut semua elemen masyarakat mendukungnya,” jelas Jafar diamini Iwan. (S-16)