Juni 24, 2021

Spektrum

Bersama Membangun Negeri

Naik Status, Tersangka ADD Haria Dikantongi Jaksa

Naik Status, Tersangka ADD Haria Dikantongi Jaksa

AMBON, SPEKTRUM – Kejaksaan Negeri (Kejari) Ambon Cabang Saparua secera resmi telah menaikan status kasus dugaan korupsi ADD dan DD Negeri Haria, Kecamatan Saparua, Kabupaten Maluku Tengah tahun 2018 senilai Rp.2 miliar ke tahap penyidikan. Setelah dilakukan gelar perkara. Bahkan, pelaku kejahatan dugaan korupsi pun sudah dikantongi penyidik Kejaksaan.

“Ya, ada perbuatan pidana, sehingga kami naikan ke tahap penyidikan. Soal tersangka, belum. Tapi, ya sama saja dengan kasus Negeri Porto (ADD Desa Porto),” jelas Kacabjari Saparua, Ardy kepada media ini, Senin 25 Januari 2021.

Papan proyek pekerjaan sarana olah raga di Negeri Haria, dibangun menggunakan DD-ADD negeri itu. (Foto-Jan’S)

Diketahui, dalam kasus ADD Porto, Raja, Bendahara hingga Sekertaris dijadikan tersangka (mengingatkan).

Ardi menjelaskan, naiknya status kasus tersebut dari penyelidikan ke penyidikan setelah penyidik melakukan ekspos yang digelar di Kantor Kejari Ambon, Senin, 18 Januari 2021 yang menemukan adanya dugaan korupsi penyalahgunaan DD tersebut.

“Kita menemukan adanya indikasi kuat terjadinya mark up atau penggelembungan harga dalam pengelolaan Dana Desa (DD) itu. Sehingga kasus tersebut resmi naik status ke penyidikan. Penyidikan akan dilakukan untuk menentukan siapa yang bertanggung jawab dalam kasus itu,” tandas dia.

Proses pekerjaan pembangunan sarana olah raga Negeri Haria. (Foto-Jan’S)

Untuk diketahui, dugaan korupsi ADD dan DD Haria tahun 2018 senilai Rp.2 miliar, dilaporkan masyarakat setempat. Laporan yang telah disampaikan masyarakat itu telah dilengkapi bukti-bukti adanya dugaan korupsi ADD dan DD yang diduga melibatkan sejumlah staf desa setempat.

Anggaran tersebut diperuntukan bagi pembangunan sejumlah item proyek, diantaranya pemberdayaan masyarakat, pembangunan lapangan voli, jalan lingkungan, gedung PAUD, jambanisasi dan rumah layak huni. Diduga oknum-oknum di Pemerintah Negeri Haria melakukan mark up dalam setiap pembelanjaan item proyek. (S-07)

Pin It on Pinterest