Connect with us

Berita Utama

Kadinkes Maluku: Bepergian, Gunakan Kartu Vaksin

Kartu Vaksin yang diterima orang yang telah divaksin

AMBON, SPEKTRUM – Semua orang yang sudah divaksin akan mendapatkan kartu imunisasi atau kartu vaksin. Kartu ini dapat digunakan untuk bepergian tanpa di tes antigen lagi. Bahkan ketika hendak ke luar negeri pun, pemerintah akan menerbitkan sertifikat telah divaksin sehingga tidak perlu mengurus keterangan sehat atau pun di-swab lagi.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Maluku, Meikyal Pontoh kepada wartawan di Ambon.

“ Kartu ini akan berguna juga ketika akan bepergian. Gunakan saja kartu ini. Bahkan kalau dia mau melakukan perjalanan ke luar negeri, dia akan mendapatkan sertifikat untuk ke luar negeri, terangnya.

Sementara yang sudah pernah terpapar Covid-19, tidak perlu divaksin lagi tetapi jika yang bersangkutan hendak bepergian, tetap harus melakukan tes antigen kembali.

Bagian belakang Kartu Vaksin yang berisi tanggal kontrol.

Kartu vaksin milik orang yang telah divaksin tersebut, kata Pontoh, juga merupakan kartu kontrol karena di balik kartu tersebut tercantum tanggal kapan yang bersangkutan harus kontrol untuk dilakukan vaksinasi keduakali.  Empatbelas hari sesudah vaksinasi pertama sehingga yang bersangkutan harus istirahat agar bisa divaksin lagi.

“ Di dalam itu nanti juga berisi kapan dia kontrol kembali. Ini kan pemberiannya dua kali. Kemudian dosis keduanya empatbelas hari kemudian. Di dalam kartu itu juga akan ada. Ini akan digunakan kapan harus kembali lagi. Makanya dia harus istirahat,” ungkapnya.

Meikyal Pontoh, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku. Sumber Foto: Gatra

Ia menjelaskan, di gelombang kedua tahap pertama yang akan divaksin adalah tenaga kesehatan, orang yang bekerja di pelayanan publik dan TNI Polri, tokoh agama dan tokoh masyarakat. Sedangkan di tahap kedua, yang divaksin adalah mereka yang usianya di atas 60 tahun, pelaku usaha dan masyarakat umum. (S.17).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Berita Utama