May 19, 2021

Spektrum

Bersama Membangun Negeri

Usai Dibangun, Tribun Lapangan Sepakbola Ori Ambruk

Usai Dibangun, Tribun Lapangan Sepakbola Ori Ambruk

Proyek pembangunan Tribun Lapangan Sepakbola di Negeri Ori Kecamatan Pulau Haruku Kabupaten Maluku Tengah ambruk, Kamis (07/01/2020).

AMBON, SPEKTRUM – Padahal proyek yang bersumber dari APBD Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) dengan nominal lebih dari Rp 500.000.000 tersebut baru selesai dibangun akhir tahun 2020 lalu.

Sialnya usai dibangun, justru atap Tribun Lapangan Sepakbola berukuran 10 x 26 meter itu justru ambruk. Hal ini dibenarkan KPA atau Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Proyek, Hasan Firdaus.

Firdaus yang dikonfirmasi Spektrum membenarkan hal tersebut dan berkilah jika ambruknya atap tribun lantaran kurang kencang ikatannya.

“Kebetulan setelah ambruk kita semua ke lokasi untuk melihat permasalahannya, dan atap atau tenda tersebut ambruk lantaran ikatannya tidak terlalu kencang,” kata Firdaus melalui sambungan telepon, kemarin.

Menurutnya, lantaran ikatannya tidak ditarik kencang mengakibatkan air hujan tertampung dan tidak mengalir turun. “Atapnya tdak terlalu kencang diikat sehingga saat hujan air tertampung, dan tidak turun. Untuk ukuran 10 x 26 meter dan harus menahan beban sekitar satu ton akibat air yang menggantung maka atapnya ambruk,” kata Firdaus.

Firdaus membenarkan jika bangunan tersebut baru selesai dibangun dan masih dalam masa pemeliharaan.

“Bangunan masih dalam masa pemeliharaan hingga Juni 2021, makanya sudah kita perintahkan untuk diperbaiki dan saat ini sedang dikerjakan,” jelasnya.

Kontraktor yang mengerjakan proyek tersebut kata Firdaus adalah Yusup Saleh. “Waktu turun ke lokasi di Ori kita sama-sama,” katanya.

Ia mengaku pihaknya telah memerintahkan kontraktor untuk memperbaiki kerusakan tribun tersebut. Firdaus mengklaim setelah ambruk proyek tribun sepakbola itu sudah diperbaiki.

Sementara itu, informasi yang berhasil dihimpun Spektrum menyebutkan, jika proyek tersebut dikerjakan Ali Tuankotta dengan perusahaan CV. Kota Merak milik Yusup Saleh. (S-16)

Pin It on Pinterest