Connect with us

Berita Utama

Gebrakan Gubernur Maluku Diawal Tahun

Ekspor Perdana Ikan Tuna ke Narita Jepang Gunakan Cargo Khusus Garuda

AMBON, SPEKTRUM – Gubernur Maluku, Murad Ismail lakukan gebrakan di awal tahun 2021 dengan melepas ekspor perdana komoditas perikanan dengan menggunakan pesawat cargo khusus Garuda Indonesia dari Ambon langsung ke Narita Jepang, Rabu (06/01/2021).

Ekspor perdana ini merupakan langkah nyata menuju Maluku menjadi Lumbung Ikan Nasional (LIN).

Dalam sambutannya saat pelepasan perdana ekspor komoditas perikanan ini, Murad menjelaskan jika ekspor perdana ini merupakan tindaklanjut pertemuannya dengan Direktur Wilayah Timur Garuda Indonesia, Aryo di Makassar.
“Dan pertemuan tersebut ditindaklanjuti pada 18 Desember 2020 dengan penandatangan MoU di kediaman saya dan pihak Garuda Indonesia menyampaikan akan mengoperasikan penerbangan dengan cargo khusus tujuan Narita Jepang via Manado,” kata Murad.

Dikatakan, eksport dan investasi merupakan kunci penting kemajuan ekonomi.
“Kita mengharapkan dengan kemajuan ekonomi yang tumbuh dapat menekan angka kemiskinan,” tambahnya.

Dijelaskan pula bahwa, dinamika ekonomi dunia yang terus berubah, menimbulkan dampak bagi sejumlah negara termasuk Indonesia dan Maluku secara khusus.
Hal ini memaksa partisipasi setiap daerah untuk memperluas wilayah pasar sebagai solusi mengatasi dampak resesi global agar mampu bertahan di kanca persaingan perdagangan internasional.
“Pemda Maluku telah mempersiapkan langkah dan strategi baru yang disebut difersivikasi produk dan pasar. Melalui strategi ini pasar tujuan ekspor beralih ke sejumlah negara yang menyediakan berbagai potensi pasar yang cukup signifikan untuk dieksplorasi,” katanya.

Kesediaan maskapai penerbangan Garuda Indonesia mengoperasikan cargo khusus buat ekpor komoditas perikanan dan kelautan Maluku. “Hal tersebut merupakan kesempatan baik yang harus dimanfaatkan oleh para eksportir Maluku yang akan mengekspor langsung ke Jepang. Karena dengan demikian maka waktu tempuh yang diperlukan lebih cepat sehingga komoditi ekspor yang tiba di Narita Jepang diyakini lebih baik dan segar,” katanya lagi.

Dan lanjutnya, hari ini dilakukan ekspor tuna fresh untuk pertama kali ke Jepang melalui Manado yang dilakukan PT Peduli Laut Maluku. Sebanyak 15 ton dengan menggunakan cargo khusus Garuda Indonesia.
Peluang ekspor saat ini terbuka sangat lebatr namun pelaksanaannya memerlukan sinergi yang baik apalagi kondisi global masih dilanda pandemi covid-19.
“Maka pesan dan harapan saya khususnya buat eksportir, di tengah pandemi ini masih ada peluang meningkatkan ekspor selama kita jeli menemukan peluang dan inovasi baru. Saya akan terus mendorong pengembangan sektor kelautan dan perikanan di Maluku sehingga hasil lautnya menjadi komoditas unggulan ekspor dan pada akhirnya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di Maluku. Semoga ekspor ikan tuna ke Maluku yang dilakukan PT Peduli Laut Maluku tetap berkelanjutan dan dapat diikuti oleh para eksportir lainnya di Maluku,” ungkapnya.

Pesawat cargo khusus Garuda Indonesia yang digunakan mengekspor ikan tuna dari Ambon menuju Narita Jepang

Untuk itu, gubernur mengucapkan selamat dan apresiasi kepada PT Peduli Laut Maluku dan semua pihak yang telah kerjasama atas peran dan kerjasamanya membawa hasil yang menggembirakan di masa yang akan datang. (S-16)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Berita Utama