Connect with us

SOROT

Insentif Covid-19 Nakes di IGD RSKD Diduga Tak Dibayar

AMBON, SPEKTRUM – Insentif tenaga kesehatan (nakes) dana Covid-19 di Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Maluku terindikasi tak dibayarkan.

Hal ini disampaikan salah satu nakes –sebut saja Mawar (bukan nama sebenarnya)- kepada Spektrum, Senin (4/1/2021).

Ia menduga demikian karena nakes di IGD tidak dimintai dokumen untuk persyaratan pencairan seperti KTP dan NPWP. Padahal pegawai yang lainnya diminta memasukan dokumen tersebut untuk proses pencairan dana insentif Covid-19.  

Mawar tentu saja gundah karena justru di IGD, dia dan rekan-rekannya stand by 24 jam melayani, tak kenal lelah walau kemudian sistem kerja dirubah menjadi hanya 8 jam, tak dihargai, sedangkan yang akan menerima insentif Covid-19 justru rekan kerja yang hanya datang tak sampai satu jam.

“ Kita di IGD “berdarah-darah”. Tak dihargai. Mereka yang datang cuma nengok sebentar saja malah yang diberi insentif. Tidak adil itu,” gundahnya.

Direktur RSKD, David Santoso ketika dikonfirmasi tentang masalah ini tak mau menjawab. Dihubungi Senin (4/1/2021) dan Selasa (5/1/2021) melalui WhatAppa, ia menyarankan agar Spektrum menghubungi Kepala Tata Usaha (KTU) RSKD saja. Namun KTU RSKD bernama Mega yang dikonfirmasi juga tak bersedia menjawab. Dihubungi berkali-kali, bahkan ditunggu di ruangannya yang bersangkutan tidak ada di tempat.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, Meikyal Pontoh mengatakan pengajuan untuk pencairan insentif nakes RSKD baru diajukan Senin (4/1/2021) dan belum cair. Permintaan pencairan sudah ada namun ia belum mengetahui jika didalam pengajuan tersebut tidak ada dokumen untuk nakes di IGD RSKD Maluku.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, Meikyal Pontoh

“ Oh, tidak ada?. Nanti kita cek. Pasiennya cuma satu kayaknya, di Oktober,” ungkapnya di Kantor Gubernur Maluku, Selasa (5/1/2021). (S.17).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in SOROT