Juli 28, 2021

Spektrum

Bersama Membangun Negeri

Vaksin Covid-19 Tiba di Ambon

Vaksin Covid-19 Tiba di Ambon

AMBON, SPEKTRUM – Hari ini, Senin (4/1/2020), vaksin covid-19 tiba di Kota Ambon. Kedatangan vaksin pagi ini di Bandara Pattimura Ambon, dikawal ketat pihak kepolisian.
Belum diketahui pasti berapa jumlah vaksin yang dijatahi untuk Maluku secara keseluruhan.
Kadis Kesehatan Kota Ambon, drg. Wendy Pelupessy yang dikonfirmasi Spektrum pagi ini membenarkan kedatangan vaksin. Namun dia meminta, agar detailnya dapat dikonfirmasi ke Dinas Kesehatan Provinsi Maluku sebagai penanggungjawab.
“Vaksin semua masuk ke Dinkes Provinsi. Termasuk pembagian jatah nanti dari Provinsi. Jadi konfirmasi dengan Kadis Provinsi,”ujar Kadis.
Meski demikian, dia mengaku, bahwa tahap awal vaksinasi akan dilakukan bagi tenaga Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK) yang telah terdata.
“Tahap pertama untuk Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK). Belum ke masyarakat umum,”katanya.
Sebelumnya, berdasarkan hasil survey dari Kementerian Kesehatan bersama Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) yang didukung oleh UNICEF serta WHO, tentang penerimaan vaksin covid-19 yang dilaksanakan 19-30 September 2019 lalu. Dimana sesuai letak geografis, masyarakat Maluku justru memiliki tingkat penerimaan vakasin covid-19 yang paling terendah, yakni hanya 46 persen. Sama dengan Aceh, Sumatera dan Sulawesi. Namun meski demikian, Maluku justru mendapat kucuran vaksin lebih awal bersama 2 Provinsi lainnya, yakni Maluku Utara dan Papua. (S01)

Pin It on Pinterest