Connect with us

Politik

Bujair Wasolo Deklarasikan Diri Maju Pilkada Maluku Tengah

Bujair Wasolo, salah satu putra Seram yang mendeklarasikan diri untuk maju pada Pilkada Maluku Tengah.

AMBON, SPEKTRUM – Bujair Wasolo, putra Seram yang dikenal sebagai salah satu pengusaha sukses dibidang perkebunan, Selasa (29/12/2020), mendeklarasikan diri untuk maju sebagai salah satu Bakal Calon Bupati dalam Pilkada Maluku Tengah 2022 mendatang.
Kepada Wartawan, di Ambon, Selasa kemarin, Wasolo yang didampingi beberapa Tokoh masyarakat Seram, mengaku siap untuk bertarung. Baik secara mental, program kerja hingga finansial.
Hijrah dari Papua selain berkeinginan membangun Maluku Tengah dengan mensejahterahkan masyarakatnya melalui program ekonomi mandiri, agar masyarakat tidak terfokus hanya pada sesuatu yang instan. Tetapi niat ini juga didasari sebagai tanggungjawab menjalankan amanat seorang Tokoh politik, Alm. Jhon Mailoa, yang pernah berpesan untuk dapat membangun Maluku Tengah lebih baik lagi.
“Masyarakat Maluku Tengah ingin adanya pembangunan dibidang perekonomian, yang selama ini mungkin dirasa belum merata. Untuk itu, sebagai anak daerah, Saya siap maju dan menang untuk bisa memimpin Maluku Tengah jauh lebih baik lagi,”tuturnya.
Dia mengaku, selaku anak daerah, ini bukan proses yang pertama kali menyatakan diri untuk maju dalam Pilkada di Maluku Tengah. Karena sebelum ini, dirinya dua kali pernah berproses untuk mengikuti ajang lima tahunan itu. Dan niat serta keinginan ini bukan untuk bersaing dengan bakal calon-calon lain, tetapi bagaimana menjawab keinginan masyarakat Maluku Tengah yang selama ini menginginkan perubahan menuju kesejahteraan.
“Keinginan saya apabila terpilih sebagai Bupati Maluku Tengah, maka saya akan memperbanyak investasi denhan mendatangkan investor sebanyak-banyaknya, agar bisa mengatasi pengangguran di daerah itu. Saya melihat persoalan penganggutan itu karena hampir semua lulusan Sarjana, hanya berharap bagaimana bisa jadi pegawai. Tetapi kalau kita menciptakan lapangan pekerjaan lain dan menciptakan ekonomi kreatif mandiri, maka mereka tidak lagi menunggu harus jadi ASN,”tuturnya.
Selain itu, untuk memajukan Malteng dari sisi ekonomi, maka Pendapatan Asli Daerah (PAD) harus ditingkatkan. agar apa yang menjadi kendala, salah satunya soal geografis di Maluku Tengah, seperti Banda yang diketahui jauh, sehingga untuk perputaran ekonomi juga menjadi kendala. Dengan demikian, perlu adanya pembangunan Dermaga kontainer dan Bandara, sehingga terjadi perputaran ekonomi. Dan tentu untuk membangun itu, dibutuhkan investor. Selain persoalan ekonomi, peningkatan pendidikan juga merupakan tanggungjawab penting.
“Saya sudah pikirkan bagaimana anak-anak lulusan SMA/SMK yang tidak bisa melanjutkan kuliah, akan dibuat pelatihan atau kursus ketrampilan khusus. Dan untuk lulusan Sarjana, bagaimana dapat difasilitasi untuk S2, sehingga nantinya saat kembali, mereka akan mengabdi dan membangun daerahnya serta dapat membentuk semacam home industri bagi masyarakat. Dengan ini, persoalan ekonomi maupun pengngguran teratasi,”katanya.
Saat ini, dirinya sedang menggarap puluhan hektar lahan untuk menanam singkok/kasbi unggul yang dapat diolah menjadi sebuah prodak seperti tapioka. Walaupun dalam proses saat ini, terdapat kendala soal pengurusan ijin dan lainnya yang berkepanjangan sehingga memakan waktu lama. Padahal mestinya, Pemerintah Daerah harus bisa mendukung usaha anak daerah yang berkeinginan membantu meningkatkan perekonomian di daerahnya.
Pada kesempatan itu, dia juga memaparkan visi-misinya. Yang mana visinya untuk maju pada Pilkada Maluku Tengah, adalah menjadikan Maluku Tengah lebih maju, sejahtera dan berkeadilan dalam semangat hidup orang basudara. Yang mana itu akan direalisasikan dalam misi untuk membangun masyarakat Maluku Tengah yang lebih sehat, cerdas dan profesional, meningkatkan perekonomian yang Mandiri, berdaya saing kuat yang berpihak kepada masyarakat, serta meningkatkan ketersediaan dan kualitas sarana dan prasarana. Serta mewujudkan tata kelola Pemerintahan yang lebih baik dan bersih, mewujudkan kehidupan masyarakat Malteng yang berakhlak mulia, rukun, harmonis dan berbudaya, serta memperkuat peran perempuan dan pemuda serta peningkatan prestasi olahraga.
Pada kesempatan yang sama, salah satu Tokoh masyatakat, Abdurasyid Wokanubun yang turut mendampinginya menambahkan, bahwa Wasolo telah memenuhi semua kriteria sebagai Bakal Calon maupun seorang pemimpin.
“Mulai dari strategi, basis masa, kemampuan finansial siap, tinggal bagaimana kendaraan politik yang sementara dijejaki secara internal. Komunikasi tingkat Pusat hingga daerah sedang dilakukan. Namun pada prinsipnya, figur Bujair Wasolo siap lahir batin maju sebagai Balon Bupati pada Pilkada Malteng nanti,”tandasnya. (S01)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Politik