Connect with us

Ekonomi & Bisnis

2021, BRI Ambon Salurkan 500 Unit KPRS FLPP

AMBON, SPEKTRUM – BRI Cabang Ambon akan menyalurkan dana untuk 500 unit rumah Kredit Pemilikan Rumah Sederhana Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (KPRS FLPP) bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di tahun 2021 mendatang.

Hal ini dikatakan Kepala BRI Cabang Ambon, Abdul Muin kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin 28/12/2020

Total KPRS program Sejuta Rumah Subsidi Pemerintah ini,  dibangun untuk seluruh Indonesia, lanjut Muin, ada sebanyak 60.000 unit di tahun tersebut.

Menurutnya, tahun 2020, sudah disalurkan subsidi KPR sebanyak 50 unit lebih dan sudah dinikmati MBR. Bank pelaksana program Sejuta Rumah Subsidi pemerintah ini adalah seluruh bank dan dilakukan bertahap. Tidak hanya BRI saja.

” Bank pelaksana ada banyak. Seluruh bank. BTN, BNI, Mandiri dan bank lainnya,” terangnya.

Ia akan mempublikasikannya secara terbuka dan besar-besaran agar MBR juga mengetahui hal ini dan dapat mengaksesnya.

” Kalau sudah ada developer yang siap, saya akan sampaikan,” janjinya.

Ia juga menerangkan prosedurnya. Developer yang akan membangun harus terlebih dahulu memenuhi seluruh persyaratan, dari legalitas lahan, ada sertifikat dan sudah mengantongi perijinan pembangunan rumah, termasuk sudah menjadi anggota Perusahaan Realestat Indonesia (REI) atau afiliasinya.   Setelah semua terpenuhi, baru developer tersebut mencari end user atau calon pembeli.

” Jadi yang mencari end user atau calon nasabah ini adalah developernya,” tuturnya.

Sebelum membangun, kata Muin, developer sudah menyampaikan ke pihak bank bahwa punya end user. Lalu sertifikat miliknya sudah  dipecah, sudah ada pemasangan listrik. PSU atau prasarana dan saran umum seperti jalan, sanitasi sudah dibuat dan memastikan pula jika sertifikatnya layak fungsi. Developer juga pastinya memikirkan kepastian rumah-rumah yang telah dibangun tersebut ada yang menempati. Ada pembelinya agar tidak merugi. Sebelum developer menyampaikan ke pihak bank bahwa mereka memiliki calon nasabah,

” Developer yang membangun, kepentingan developer ada di sana,” terangnya.

End user tersebut, kata Muin akan diseleksi oleh pihak bank, apakah memenuhi persyaratan atau tidak. (S.17).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Ekonomi & Bisnis