Agustus 2, 2021

Spektrum

Bersama Membangun Negeri

Ketua Bappilu Golkar Meninggal, Gubernur Melayat

Ketua Bappilu Golkar Meninggal, Gubernur Melayat

Ketua Badan Pemenangan Pemilihan Umum (Bappilu) Yusri AK Mahedar (41), meninggal dunia Sabtu malam (26/12/2020), atau menjelang Minggu dini hari, (27/12/2020), di Namlea Ibukota Kabupaten Buru, Provinsi Maluku.

AMBON, SPEKTRUM – Keluarga, kerabat maupun rekan-rekannya, cukup kaget mendengarkan kabar duka ini termasuk Gubernur Maluku, Murad Ismail. Belum diketahui dengan pasti apa penyakit yang diderita oleh Dade Mahedar (sapaan akrab almarhum Yusri AK Mahedar), hingga akhirnya tutup usia, pada Minggu dini hari.

Pihak keluarga terdekat misalnya istri dari Almarhum sampai sekarang masih syok (trauma) dengan kepergian suami tercintanya itu. Ia belum bisa memberikan keterangan seputar kronologis meninggalnya (almarhum).

Jenazah almarhum dibawa dari Namlea untuk selanjutnya dikebumikan pada Tempat Pemakaman Umum (TPU), Kebun Cengkih, Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau Kota Ambon, Maluku, Minggu sore, (27/12/2020).

Kabar meninggalnya Yusri AK Mahedar membuat Gubernur Maluku, Murad Ismail, turut berbelasungkawa. Setelah menerima kabar duka ini, secara pribadi maupun selaku Gubernur Maluku juga Ketua DPD PDIP Maluku, Murad Ismail langsung menyampaikan ucapan duka mendalam atas kepergian almarhum ke sang Khaliq (Pencipta).

“Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un, semalam atau menjelang subuh saya menerima kabar atas meninggalnya almarhum. Saya sudah ikhlas dan memafkan beliau. Saya berdoa Allah SWT menerima seluruh amal ibadah beliau, dan almarhum diterima serta diberikan tempat yang layak oleh Allah SWT,” ucap Murad Ismail, kepada Spektrum di Ambon, Minggu (27/12/2020).

Gubernur mengajak keluarga (almarhum) agar ikhalas, sabar dan tabah melepaskan kepergian almarhum ke tempat peristirahatannya yang terakhir.

“Kepada keluarga khususnya istri dan anak-anak serta orang tua beliau, selalu diberikan ketabahan dan kesabaran dalam menghadapi cobaan ini,” tutur Gubernur.

Ratusan orang saat melayat Jenazah Almarhum Yusri AK Mahedar, Ketua Bappilu DPD Partai Golkar Provinsi Maluku, di kediamannya, kawasan Asrama Militer Batu Merah Dalam, Kecamatan Sirimau Kota Ambon, Minggu sore, (27/12/2020).

Gubernur juga mengaku secara pribadi sudah memafkan almarhum, dan berdoa agar almarhum dilapangkan jalannya menuju surga.

“Mengapa Saya memaafkan almarhum? sebab sebelum meninggal dunia, beliau sempat saya laporkan ke polisi atas kasus dugaan pencemaran nama baik. Dan almarhum sebelumnya telah diperiksa polisi. Dan saya sudah memafkan beliau,” ungkap Gubernur.

Pantauan Spektrum, ratusan orang termasuk Gubernur Malukun Murad Ismail hadir melayat jenazah almarhum di kediamannya, pada Minggu Sore di kawasan Asrama Militer, Batu Merah Dalam.

Gubernur juga turut mengikuti prosesi upacara pelepasan jenazah yang dipimpin Ketua DPD I Partai Golkar Provinsi Maluku, Ramli Umasugi.

Usai upacara pelepasan, tampak Gubernur dan Rovik Akbar Afifudin Anggota DPRD Provinsi Maluku, bersama jamaah yang hadir ikut mengangkat jenazah almarhum, sekaligus melaksanakan sholat (jenazah) secara berjamaah di Mesjid Al Mustaqim, kompleks Asrama Militer, Batu Merah Dalam.

Usai sholat, Gubernur tidak sempat mengantarkan jenazah almarhum ke TPU Kebun Cengkih, karena harus mengikuti agenda penting lainnya.

Jenazah almarhum diantar dengan menggunakan ambulance menuju lokasi TPU Kebun Cengkih untuk dikebumikan. Acara pemakaman Ketua Bappilu DPD Partai Golkar Maluku ini, selesai sekira pukul 16:12 WIT.

Sejumlah pejabat di Maluku ikut melayat almarhum di kediamannya, kawasan Batu Merah Asrama Militer, Batu Merah Dalam. Selain Gubernur Maluku Murad Ismail, dan Bupati Kabupaten Buru Ramly Umasugi (DPD Partai Golkar Maluku), hadir pula diantaranya Bupati Kabupaten Seram Bagian Timur Abdul Mukti Keliobas, Ketua DPRD Kota Ambon, Elly Toisutta, Wakil Bupati Seram Bagian Barat Thimotius Akerina, dan Rovik Akbar Afifudin, Anggota DPRD Provinsi Maluku.

Prosesi Pemakaman Almarhum Yusri AK Mahedar di TPU Kebun Cengkih Desa Batu Merah Kecamatan Sirimau Kota Ambon, Maluku, Minggu sore, (27/12/2020).

Hadir pula para rekan, sahabat mulai pengurus DPD Golkar Maluku, Kota Ambon, dan kabupaten Buru – SBT, juga pengurus organisasi sayap partai Golkar, pengurus KNPI, dan para alumni HMI Cabang Ambon, turut dalam acara pemakaman jenazah almarhum di TPU Kebun Cengkih. (TIM)

Pin It on Pinterest