Connect with us

Berita Utama

Proses ke MK Jalan, Fachri Berikan Selamat Buat ADIL

Fachri Alkatiri

SBT, SPEKTRUM – Calon Bupati Seram Bagian Timur (SBT), Fachri Alkatiri, memberikan selamat kepada pasangan Abdul Mukti Keliobas-Idris Rumalutur, setelah ditetapkan KPUD sebagai pemenang dalam Pilkada.

Meski demikian, dia tetap menghargai apa yang sedang dilakukan PDIP terkait dugaan pelanggaran pilkada. Gugatan akan disampaikan Mahkamah Konstitusi untuk diuji keabsahaan bukti-bukti yang diajukan.

Hal ini disampaikan Fachri Rabu (23/12) pagi. Bagi dia, proses demokrasi yang sudah berjalan perlu diberikan apresiasi. Penetapan hasil perolehan suara yang menempatkan pasangan Abdul Mukti Keliobas-Idris Rumalutur sebagai pemenang, adalah proses demokrasi, dan ini menjadi bagian dari apresiasi itu.

“Karena itu, Saya ucapkan selamat kepada pasangan peraih suara terbanyak yang ditetapkan KPUD, Abdul Mukti Keliobas-Idris Rumalutur. Saya juga menghargai proses hukum yang akan dilakukan, karena itu juga bagian dari mekanisme demokrasi,” kata dia.

PDIP sendiri sedang menyiapkan langkah hukum ke MK. Arobi Kelian, Calon Wakil Bupati SBT, sudah di Jakarta dengan sejumlah pengacara untuk mendaftarkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi.

Laporannya terkait sejumlah pelanggaran massif yang dilakukan oleh pasangan calon Mukti Keliobas-Idris Rumalutur. PDIP berharap dari proses ini, adalah pemungutan suara ulang atau PSU di sejumlah kecamatan yang diduga terjadi pelanggaran Pilkada.

Fachri tidak membantah adanya laporan. Dia mengaku, menghargai langkah PDIP.  “Kata pak Arobi Kelian, Ketua DPD PDIP Maluku, Murad Ismail mendukung langkah proses hukum. Dan PDIP sudah menyiapkan pengacaranya,” kata Fachri.

Baca Juga: FAHAM Gugat Hasil Pilkada SBT ke MK

Terkait dengan sikapnya, dia mengaku tetap mendukung apa yang dilakukan PDIP, juga apa yang sudah ditetapkan KPUD SBT. “Kedua-duanya kan bagian dari proses politik yang diatur dalam undang-undang pilkada. Jadi mari kita hargai proses-proses itu,” kata dia.

Politisi PKS ini juga berterima kasih kepada KPUD SBT, KPUD Maluku, dan Bawaslu yang telah mengawal proses politik lima tahunan ini, hingga penetapan hasil perolehan suara.

Terima kasih juga, kata dia, kepada masyarakat SBT yang sudah menggunakan hak pilihnya, atau belum mau menggunakan hak pilih dalam Pilkada. “Kepada simpatisan, dan rakyat SBT yang sudah memilih FAHAM, juga saya ucapkan banyak-banyak terima kasih. Semangat kalian luar biasa,” kata dia. (TIM)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Berita Utama