Connect with us

COVID-19

Peringati Hari Ibu Ke-92, TP PKK Gelar Rapid Test Antigen Gratis

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Maluku, Widya Pratiwi Murad sedang menunjukan hasil test cepat Antigen yang "negatif".

AMBON, SPEKTRUM – Tim Penggerak PKK, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Maluku bekerjasama dengan Ikatan Keluarga Alumni  Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) menggelar kegiatan Rapid Test Antigen gratis di tribun Lapangan Merdeka, Ambon, Senin (21/12/2020).

Ketua Tim Penggerak PKK, Widya Murad dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini bersifat nasional dan dilaksanakan di seluruh Indonesia dalam rangka menyambut Hari Ibu ke-92 di tengah semakin meningkatnya penyebaran Covid-19 secara nasional maupun di provinsi Maluku.

Menurutnya, virus ini telah menimbulkan krisis kesehatan sekaligus ekonomi. Bahkan dampaknya secara massif sudah menyentuh seluruh aspek kehidupan masyarakat, termasuk dampaknya bagi kesejahteraan keluarga.

Ketua Dharma Wanita yang juga Kepala Dinas Sosial Kota Ambon, Nurhayati Jasin, bersiap di tes cepat Antigen, Senin (21/12/2020) di tribun Lapangan Merdeka, Ambon

“ Kita harus terpanggil sesuai tugas, fungsi dan peran kita masing-masing untuk memberikan kontribusi serta membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19,” pintanya.

Ia berharap, ada kepekaan terhadap krisis yang dihadapi bangsa, daerah dan masyarakat. Membantu masyarakat yang terkena dampak Covid-19 melalui berbagai program serta kegiatan sosial dan pemberdayaan yang bertujuan untuk meringankan beban masyarakat.

Widya juga meminta, upaya preventif dengan mengimplementasikan gerakan “3M” secara rutin serta “3T” yakni, Tracing atau pelacakan kasus, Testing atau pemeriksaan kasus dan Treatment atau pengobatan secara efektif.

Ibu Bhayangkari sedang tes cepat Antigen

Gerakan ini, lanjutnya, harus menjadi gerakan bersama karena ini kunci utama dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

PKK sebagai organisasi yang berbasis pada pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, kata Widya, didukung IKAPTK merasa terpanggil untuk menggalakkan gerakan ini. Tim Penggerak PKK juga sudah melaksanakan berbagai program dan kegiatan sejak awal penyebaran Covid-19 di Provinsi Maluku.

“ Kita laksanakan melalui kegiatan sosial rapid test gratis bagi kaum perempuan pada hari ini. Kita telah bergerak aktif melalui berbagai program,” ungkapnya.

Foto bersama menunjukan hasil non reaktif.

Ia mengatakan, TP PKK tidak bisa bergerak sendiri. Butuh sinergitas dan kebersamaan dengan seluruh elemen masyarakat yang ada di daerah dalam penanganan Covid-19 ini. Hanya melalui kebersamaanlah semua masalah dan situasi apapun yang menimpa, termasuk ujian pandemi Covid-19 ini bisa dilewati.

“ Saya mengajak semua terutama kaum perempuan Maluku untuk saling menopang, saling mendukung dan baku keku di tengah situasi sulit ini. Perempuan Maluku harus mampu mengambil peran, berdaya dan maju,” pintanya.

Praja sedang menunggu giliran untuk di tes cepat Antigen.

Terkait kegiatan ini, kata Widya sengaja dibatasi agar tidak terjadi kerumunan sehingga pihaknya menargetkan hanya 100-an orang saja yang dapat melakukan rapid test gratis.  (S.17).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in COVID-19