Agustus 2, 2021

Spektrum

Bersama Membangun Negeri

Kapolda Maluku Minta Tokoh Agama Pelihara Kamtibmas

Kapolda Maluku Minta Tokoh Agama Pelihara Kamtibmas

AMBON, SPEKTRUM – Kapolda Maluku Irjen Pol Refdi Andri meminta dukungan para tokoh agama, seperti Ketua Sinode GPM, Ketua MUI, dan Uskup Dioksis Amboina dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di daerah ini.

“Kedatangan saya sebagai orang yang baru menjalankan tugas di Maluku, sehingga lewat kunjungan silaturahmi ini kami memohon dukungan dari semua tokoh agama di Maluku,” kata Kapolda Irjen Refdi, saat bertemu Ketua Sinode GPM Pendeta AJS Werinussa bersama pengurus sinode, di Ambon, seperti dilansir Antara, Sabtu, (19/12/2020).

Kapolda juga berharap dalam masa pandemi ini, tokoh-tokoh agama dapat membantu dan mendukung dirinya sebagai warga Maluku yang baru, agar bisa menjalankan tugas ke depan secara baik sesuai harapan semua pihak, khususnya masyarakat.

Jelang perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Kapolda berharap semua pihak bisa memiliki kesadaran tinggi untuk menjaga kamtibmas.

Dia juga mengingatkan kepada semua pihak, agar bisa menjaga kesehatan dengan mengikuti protokol kesehatan supaya terlindungi dari penularan Virus Corona.

“Di tengah pandemi COVID-19 ini, pengamanan natal dan tahun baru akan dilakukan juga dengan menerapkan protokol kesehatan,” katanya lagi.

Kapolda Maluku didampingi sejumlah pejabat teras polda, juga melakukan pertemuan dan silaturahmi dengan Ketua MUI Maluku Dr Abdullah Latuapo bersama pengurus.

Dia menyatakan baru menjabat selama kurang lebih tiga pekan di provinsi berjuluk daerah para raja-raja ini, sehingga memohon dukungan doa maupun tindakan untuk bersama-sama menjaga kamtibmas.

Pada awal tugasnya, Kapolda langsung bergerak mengunjungi sejumlah kabupaten di Maluku, khususnya empat daerah penyelenggara Pilkada Serentak 2020, yakni Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku Barat Daya, Buru Selatan, dan Kabupaten Seram Bagian Timur.

“Insya Allah sampai saat ini kondisi keamanan di empat daerah pelaksanaan pilkada tersebut berjalan dengan aman dan lancar, sesuai dengan apa yang kita harapkan,” kata dia.

Terlepas dari pengamanan pilkada, mantan Kakor Lantas Polri ini menyampaikan pihaknya sedang melaksanakan Operasi Lilin Siwalima menjelang perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

“Dalam pelaksanaan-pelaksanaan ibadah, kita terapkan protokol kesehatan karena kita masih dilanda pandemi COVID-19,” ujar Kapolda lagi.

Berada di tengah wabah mematikan ini, ia mengingatkan kepada MUI Maluku, agar senantiasa memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, dan menjauh dari kerumunan.

“Untuk perayaan malam tahun baru, pelaksanaan pawai dan pelaksanaan-pelaksanaan open house ditiadakan. Saya mengajak semua komponen tokoh agama agar dapat membantu pihak kepolisian dalam menjaga kamtibmas di Maluku ini,” katanya pula.

Ketua MUI Maluku Abdullah Latuapo yang juga dosen Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon mengaku selama ini setiap terdapat permasalahan, pihaknya kerap mencari solusi bersama tokoh agama maupun semua pihak terkait.

“Apabila ada permasalahan yang timbul di masyarakat, kami bersama-sama dari tokoh-tokoh agama melaksanakan koordinasi dan berkomunikasi mencari jalan keluar agar segalanya dapat diselesaikan,” kata dia. (*/ANT)

Pin It on Pinterest