May 9, 2021

Spektrum

Bersama Membangun Negeri

Gubernur Dianugrahi LKNI ‘Nugraha Satya Bhakti Budaya’

Gubernur Dianugrahi LKNI ‘Nugraha Satya Bhakti Budaya’

AMBON, SPEKTRUM – Lembaga Kebudayaan Nasional Indonesia (LKNI) memberi penghargaan di Bidang Kebudayaan kepada Gubernur Maluku, Irjen Pol. (Purn) Drs. Murad Ismail ‘Nugraha Satya Bhakti Budaya’. Penghargaan tersebut telah diserahkan LKNI Pusat kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Provinsi Maluku beberapa waktu lalu.

Namun, penganugrahan penghargaan kepada Gubernur Maluku sendiri belum dilaksanakan, karena beberapa kali terjadi penundaan, dan juga kondisi pandemi Covid-19 di daerah ini. Bahkan tugas-tugas Gubernur Maluku, Murad Ismail sendiri masih padat, sehingga penyerahan penghargaan tersebut belum dilaksanakan.

Informasi yang disampaikan Kadisdikbud Maluku, Dr. Ir. Insun Sangadji, M.Si kepada Spektrum, Kamis, (17/12/2020) melalui salah satu stafnya menjelaskan, untuk penyerahan dan penganugrahan penghargaan ‘Nugraha Satya Bhakti Budaya’ sendiri belum dilakukan. Tapi beberapa waktu lalu, telah diserahkan LKNI Pusat kepada Disdikbud Provinsi Maluku.

“Memang rencananya penyerahan penghargaan ‘Nugraha Satya Bhakti Budaya’ kepada Gubernur Maluku masih dikoordinasikan,” kata Insun Sangadji melalui stafnya kemarin di Kantor Disdikbud Maluku.

Kadisdikbud Maluku, Dr. Ir. Insun Sangadji, M.Si saat menerima paket penghargaan ‘Nugraha Satya Bhakti Budaya’ dari Staf LKNI Pusat. Penghargaan tersebut, nantinya dianugerahi kepada Gubernur Maluku, Irjen Pol. (Purn), Drs. Murad Ismail. (dok)

Disarankan untuk menemui Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan dan Kepurbakalaan, Darwin J. Lawalatta, S.Sos.M.Si menjelaskan, penghargaannya telah diserahkan staf LKNI Pusat ke Kadisdikbud Maluku. Rencananya ibu Kadis akan menyerahkan kepada Gubernur Maluku, sesuai surat yang diterima dari lembaga dimaksud.

“Beberapa waktu lalu, dari LKNI Pusat sudah datang ke Ambon, dan ingin langsung menyerahkan penghargaan ‘Nugraha Satya Bhakti Budaya’ itu kepada pa Gubernur Maluku langsung. Namun terkendala dengan pandemi Covid-19, sehingga mereka kembali ke pusat. Memang sudah terjadi beberapa kali penundaan. Jadi, ibu Kadis masih terus berkoordinasi dengan pa Gubernur untuk menyerahkan langsung,” jelas Lawalatta di ruang kerjanya.

Kabid Kebudayaan ini menambahkan, penyerahan dan penganugrahan itu sebenarnya sudah dilakukan sejak 2 Mei 2020 lalu, namun dengan adanya pandemi Covid-19, rencana itu ditunda.

“Setelah direncanakan penyerahan penghargaan ‘Nugraha Satya Bhakti Budaya’ di tanggal 2 Mei 2020 bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) gagal, maka ditetapkan pada 17 Agustus 2020 bertepatan dengan HUT Proklamasi Indonesia, juga gagal. Dan saat ini ibu Kadis masih berkoordinasi untuk menyerahkannya,” jelas Lawalatta lagi.

Dari informasi yang diterima, penghargaan kepada Gubernur Maluku dari LKNI Pusat tersebut berdasarkan Surat Nomor: 054/LKNI-Pusat/X/2020 yang menginstruksikan Kadisdikbud Maluku untuk menyerahkan kepada Gubernur Maluku, Murad Ismail. (S05)

Pin It on Pinterest