Connect with us

Politik

Anggota DPRD Kota Ambon Sasaran Berikut Tes Narkoba

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Maluku, Brigjen Pol. M Zainul Muttaqien

AMBON, SPEKTRUM – Anggota DPRD Kota Ambon dan seluruh ASN lingkup Sekretariat Dewan Kota Ambon, akan menjadi sasaran berikut Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Maluku untuk melaksanakan tes narkoba melalui urine. Setelah sebelumnya DPRD Provinsi Maluku menjadi pelopor pertama yang berani menggandeng BNNP Maluku untuk melaksanakan implementasi Inpres Nomor 2 Tahun 2020 tentang rencana aksi nasional pencegahan narkoba dengan melakukan tes urine bagi seluruh Anggota DPRD dan ASN lingkup Seketariat Dewan Provinsi Maluku.
Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Maluku, Brigjen Pol. M Zainul Muttaqien, saat diwawancarai Spektrum, usai keterangan pers yang berlangsung di lantai 5 Gedung Keuangan Negara Ambon, Kamis (17/12/2020) mengaku, pihaknya telah mensosialisasikan tentang pelaksanaan Inpres Nomor 2 Tahun 2020 kepada Pemerintah Kota Ambon. Yang mana dengan itu, secara tidak langsung menyampaikan soal akan dilaksanakannya tes narkoba melalui urine bagi seluruh pejabat Kota Ambon, termasuk DPRD maupun ASN lingkup Pemkot Ambon.
“Saya salut untuk pimpinan DPRD Maluku yang mendadak telepon kami (BNNP) untuk laksanakan itu. Kemarin kita sudah sosialisasi soal ini ke Wali Kota Ambon juga dan insya Allah akan dilaksanakan,”ujarnya.
Dia juga mengatakan, implementasi Inpres tersebut akan diterapkan bagi seluruh Kepala Daerah hingga Perangkat Desa di Maluku.
Dan insya Allah sambungnya, implementasi Inpres ini mendapat dukungan Gubernur dengan telah dikeluarkannya Skep Gubernur nomor 313 Tahun 2020 tentang pembentukan Satgas Terpaduh Pencegahan Narkoba. Yang mana disitu targetnya ada 3, yaitu sosialisasi, tes urine dan pembentukan Satgas. Baik itu Satgas edukasi, pencegahan dan pemberantasan.
“Jadi insya Allah seluruh Forkopimda Maluku solid mendukung implementasi Inpres nomor 2 Tahun 2020 itu. Dan untuk jajaran Pemprov Maluku kita sudah memberikan surat dan nanti pada waktunya kita akan laksanakan,”katanya.
Dia kembali menegaskan, bahwa implementasi Inpres tersebut akan menyasar seluruh pejabat di Maluku, termasuk Anggota DPRD seluruh Kabupaten/Kota.
“Seluruhnya akan dilakukan tes urine,”katanya singkat. (S01)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Politik