Spektrum

Bersama Membangun Negeri

Data Sementara, Tiga Kabupaten PDIP Unggul

Data Sementara, Tiga Kabupaten PDIP Unggul

-SBT Saling Klaim Kemenangan

Data sementara perolehan suara Pilkada 9 Desember 2020, pasangan calon Bupati-Wakil Bupati yang diusung PDIP menang alias unggul di tiga kabupaten yaitu Maluku Barat Daya, Aru dan Buru Selatan. Sedangkan Kabupaten SBT masih terjadi saling klaim kemenangan antara paslon ADIL dan FAHAM.

AMBON, SPEKTRUM – Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPD PDI P Maluku, Benhur George Watubun mengatakan, data perolehan suara sementara pilkada 4 kabupaten, khusus untuk Kabupaten Kepulauan Aru data yang masuk sudah 94 persen.

“Sesuai data yang diperoleh PDIP, pasangan Johan Gonga-Muin Solgarey (JOIN) unggul 55 persen. Sedangkan Timotius Kaidel dan wakilnya 45 persen. Jadi selisihnya 10 persen,” kata Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPD PDI P Maluku, Benhur George Watubun kepada Spektrum, Rabu malam (9/12/2020).

Benhur mengatakan bisa dipastikan pasangan JOIN memenangkan Pilkada Aru.

“Data ini kita hitung manual dan berdasarkan data C1 yang diterima Posko PDIP. Kita telah cocokan dengan data yang dimiliki koalisi JOIN. Jadi di partai koalisi terakhir data masuk 85 persen namun PDI Perjuangan sudah 95 persen. Dan tanpa mendahului keputusan KPU dan kekuasaan Tuhan namun kami percaya kita punya potensi kemenangan sangat tinggi,” kata Benhur.

Menurutnya, dari berbagai hitungan yang dimiliki serta sumber data yang valid dan dibawa langsung oleh para saksi maka dipastikan PDIP menang.

Saat ini, kata Watubun, untuk MBD perolehan suara Benyamin Noach-Agustinus L KiliKily 62 persen lebih. Kabupaten Buru Selatan 42 persen lebih dan Aru 55 persen lebih.

“Di SBT Abdul Mukti Keliobas-Idirs Rumalutur (ADIL), dan Fachri Husni Alkatiri-Arobi Kelian (FAHAM), masih saling klaim kemenangan. Laporan dari SBT data yang dimiliki, pasangan yang diusung PDIP selisih menang tipis. Tapi kita akan lakukan upaya pengawalan ketat, dan memastikan proses perhitungan sesuai harapan, dan data yang dipegang PDIP,” jelas benhur yang juga Penanggungjawab Pilkada dari PDIP Maluku di empat kabupaten ini.

Benhur George Watubun, Wakil Ketua Bappilu DPD PDIP Provinsi Maluku

Sementara itu, hasil hitung cepat atau quick count perolehani suara Pilkada Buru Selatan, yang dilakukan Sinergi Data Indonesia (SDI), pasangan calon nomor urut 3, Safitri Malik Soulissa-Gerson Silsily (SMS-GES) menang.

Dari survei SDI, tingkat partisipasi pemilih 83,31 persen, data masuk sampai pukul 18.30 WIT mencapai 89,11 persen, dengan margin eror 1 persen.

“Pasangan SMS-Ges mendapatkan 42,18 persen, unggul di Kecamatan Fena Fafan 47,04 persen, Leksula 44,42 persen, Namrole 43,59 persen, dan Waesama 42,23 persen,” kata Manager Riset SDI, Fikry Hamzah kepada wartawan di Ambon, Rabu (09/12/2020).

Dikatakan, pasangan nomor urut 1 Hadji Ali-Zainudin Booy (AJAIB) 32,88 persen, menang di dua kecamatan yakni Kecamatan Kepala Madan 51,16 persen, dan Ambalau 43,35 persen.

Pasangan nomor urut 2, Abdurrahman Soulissa-Elissa Ferianto Lenusa (MANIS) 24,94 persen, kalah di semua kecamatan.

“Artinya secara tidak langsung saya sudah mengucapkan selamat kepada Safitri Malik Soulissa-Gerson Silsily, yang sudah memenangkan pilkada Bursel,”ujarnya.

Menurut Fikry, ada beberapa faktor mempengaruhi kemenangan SMS-GES berdasarkan survei, yaitu kinerja Bupati, 70,23 persen masyarakat merasa puas, sehingga secara ttidak langsung mempengaruhi inpek dukungan bupati kepada salah satu kandidat.

Manager Riset SDI Fikry Hamzah, saat merilis Quick Qount perolehan suara sementara Pilkada Kabupaten Buru Selatan di Kota Ambon, Maluku, Rabu (09/12/2020).

Selain itu, 63,41 persen masyarakat merasa pantas jika Safitri, yang merupakan istri, menggantikan Tagop Soulissa untuk menjabat sebagai Bupati Buru Selatan.

Hal lain yang turut mempengaruhi kemenangan SMS-GES, yaitu 60,68 persen masyarakat merasa pembangunan Buru Selatan oleh Tagop Soulissa berhasil. (S-16/S-07)

Pin It on Pinterest