Connect with us

LINTAS MALUKU

Pembangunan Graha HMI Cabang Namlea Butuh Sokongan Dana

Pembangunan Graha Insan Cita HMI Cabang Namlea di Kabupaten Buru. /dok

NAMLEA, SPEKTRUM – Pembangunan Graha Insan Cita Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Namlea, Kabupaten Buru belum tuntas. Pekerjaan fisik terus dilakukan, hana saja terkendala anggaran. Untuk penyelesaian pekerjaan, panitia pelaksana masih butuh sokongan dana serta suport dari berbagai pihak. Pekerjaan pembagunan sudah sekitar 50 persen.

Ketua Panitia Pembangunan, Imran Barges mengatakan, pekerjaan pondasi Graha Insan Cita HMI Cabang Namlea itu pada 9 September 2019 lalu, dilanjutakan dengan pekerjaan batako sampai eros besi, serta konstruksi bangunan lainnya.

Selanuutnya pembangunan gedung dilaksanakan pada 19 September 2020. Saat itu Pengurus Cabang bersama tukang melaksanakan pengecoran rembalak bersama beberapa senior seperti Mirja Ohoibor, Irna Buton, Yuli Idris, Helna Makatita, Amelia Tasijawa, Arman Waliulu, Roi Bahta, Budiman Pelu, Abeng Kaimudin, Harkuna Litiloly, Babang Seknun, Simin Rano, dan Ahmad Warhangan.

Pekerjan pondasi dakukan melalui sumbangan dari beberapa senior HMI. Biaya tukang senilai Rp.12 juta. Menggunakan kayu berkualitas seperti kayu gopasa untuk koseng senilai Rp.7 juta, sedangkan koseng pintu-jendela senilai Rp.5.250.000. Rangka senk dari kayu meranti senilai Rp.18,8 juta.

“Sudah terbayar Rp.3.400.000, bersama biaya tukang senilai Rp.25 juta. Belum terbayar Rp.9 juta. Total biaya yang dibutuhkan untuk pelaksanaan pembangunan Graha inasan cita HMI Cabang Namlea senilai Rp.556.763.000,” jelas Imrannkepada Spektrum di Namlea, kemarin.

Imran mengakui, untuk kelanjutan pembangunan gedung saat ini pihaknya terkendala dengan dana. Ditambah pandemi Covid-19 belum selesai.namun hal itu tak menyurutkan impian mereka guna menyelesaikan pembangunan Graha Insan Cita HMI Cabang Namlea ini.

“Alhamdulilah, karena merupakan tugas mulia kita sebagai kader umat dan kader bangsa, kita tetap berupaya untuk melaksankan pembangunan. Pondasi, cor selop, susun batako sudah selesai. Masih banyak pekerjaan yang mestinya diselesaikan ke depan. Dana sekitar Rp.20 juta untuk pemasangan atap senk, serta pintu kaca dan jendela lainnya,” kata dia.

Ia berharap adanya perhatian dari para senior dan alumni HMI yang ada di Pulau Buru secara khusus, dan Maluku umumnya, untuk bersama berkontribusi guna penyelesaian pembangunan Graha HMI Cabang Namlea.

“Kita hanya melaksanakan apa yang menjadi pekerjaan rumah, saat peletakan batu pertama oleh Bang Akbar Tanjung pada Kamis, 7 Februari 2013 lalu atau 7 tahun lalu. Sudah lima kepengurusan cabang pasca Ketua M. Ridwan Litiloly, baru pondasi dibuat. Kita harap ada partisipasi dari senior dan alumni agar penyelesaian pembangunan graha Insan Cita ini jadi rumah kita bersama,” tambah dia.

“Bang Akbar Tanjung datang di Namlea saat itu dijemput langsung Bupati Buru, Ramly Umasugi, Alamrhum Maksin Bugis (Ketua DPRD Buru), Ketua Umum HMI Cabang Namlea, Harkuna Sekum Ilman Namkatu dan para Pengurus Cabang Ketua KAHMI Buru, Ifan Umasugi dan Jaidun. Spirit saat itu Graha Insan Cita ini bisa dibangun,” tuturnya.

Pada 7 Februari 2013 lalu, lanjut dia, dilaksanakan peletakan batu pertama Graha insan cita HMI Cabang Namlea oleh bang Akbar Tanjung bersama Bupati Buru, Ramly I. Usamagi, mantan Ketua DPRD Buru (Alm) Maksin Bugis, Dandim 1506 Namlea, Letkol Kadek, Wakapolres, Kompol Rizal dan Pa Tuya.

Menurutnya, generasi itu telah menyerahkan tongkat estafet, dimana saat ini dilanjutkan Ketua Panitia Pembangauan Graha Insan Cita HMI bersama Ridwan Litiloly, Ketua Umum HMI Cabang Namlea.

Pangurus Cabang sudah berusaha semaksimal untuk pekerjaan fisik, tapi belum tuntas.

Ia menambahkan, jika pembangunan Graha Insan Cita HMI Cabang Namlea ini selesai, Insya Allah akan diresmikan Akbar Tanjung, sekitar Maret atau April 2021, setelah Kongres PB HMI di Surabaya nanti.

Untuk itu ia dan pihaknya berharap, bagi yang merasa cinta terhadap HMI, baik senior maupun junior dapat membantu agar pekerjaan gedung tersebut bisa secepatjya rampung.

“Bagi senior dan alumni yang mau membantu untuk penyelesaian pembangunan Graha Insan Cita HMI Cabang Namlea, kami sangat berterima kasih. Sumbang bisa melalui Nomor Rekening HMI Cabang Namlea 0303016872 BANK BPDM, atau bisa menghubungi nomor HP 082199866230, Panitia Pembangun atas nama Imran Barges atau 082199410313 atas nama Ahmad Warhangan atau Mato Talabi,” terangnya. (S-12)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in LINTAS MALUKU