Connect with us

Politik

Legislatif Harap APBD Kota Ambon 2021 tak ada Refocusing

Rustam Latupono, Wakil Ketua DPRD Kota Ambon

AMBON, SPEKTRUM – Wakil Ketua DPRD Kota Ambon, Rustam Latupono, kepada wartawan di Gedung DPRD, Belakang Soya Kecamatan Sirimau Kota Ambon kemarin berharap. penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2021 bisa normal, sehingga bisa mempengaruhi serta mendongkrak Pendapatan Asli Daerah atau PAD.

Mudah-mudahan postur APBD 2021 ini bisa normal, sehingga PAD kita bisa juga naik. Tidak seperti 2020 yang sebagian besar dialihkan ke Covid-19. Di lain sisi, jika APBD normal, maka aspirasi yang menjadi kebutuhan masyarakat bisa kita perjuangkan di APBD 2021,”kata Rustam Latupono.

Ia mengaku saat ini Banggar DPRD tengah gencar membahas R-APBD bersama pihak eksekutif (Pemkot Ambon). Mengingat deadline untuk penetapan APBD 2021 hanya sampai 30 November 2020.

“Pembahasan masih dilakukan dengan mitra Pemerintah Kota Ambon. KUA PPAS dibahas, nanti diserahkan dengan RAPBD untuk dibahas di komisi untuk melihat seluruh rincian anggaran kegiatan dari masing-masing mitra komisi. Setelah sinkronisasi oleh badan anggaran, sesuai jadwal Banmus, sebelum 30 November 2020 sudah penetapan,”ujarnya.

Rustam yang juga Sekretaris DPC Partai Gerindra Kota Ambon ini menyebutkan, sejumlah usulan prioritas yang didorong dalam APBD 2021. Diantaranya, infrastruktur seperti pembangunan jalan Gadihu, jalan Siwang, serta berbagai pembangunan infrastruktur lainnya yang rusak akibat bencana banjir maupun longsor.

Pula, sejumlah aspirasi masyarakat yang diserap melalui agenda reses DPRD Kota Ambon, juga telah dimasukkan dalam Rancangan APBD 2021.

“Semua itu menjadi perhatian serius Anggota DPRD Ambon. Banyak hal terkait kepentingan masyarakat telah didorong dalam APBD 2021. Namun hal tersebut nantinya akan dilihat, apakah ada kebijakan refocusing untuk Covid-19 atau tidak. Nanti akan dilihat mana yang menjadi prioritas. Kita berharap tidak ada refocusing lagi,”harap Rustam Latupono. (S-01)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Politik