Connect with us

Berita Utama

Putus Keterisolasian, Fachri-Arobi Permudah Pelayanan Publik

Masyarakat menyambut meriah Pasangan Calon Bupati - Wakil Bupati SBT, Fachri Husni Alkatiri - Arobi Kelian saat berkampanye di Desa Miran Kecamatan Gorom Timur.

BULA, SPEKTRUM – Letak geografis kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Provinsi Maluku notabene kepulauan. Di sana ratusan jiwa masyarakat mendiami pulau pulau di 15 kecamatan. Antara lain Siwalalat, Werinama, Geser, Gorom, Kilmury, Watubela Kesuy dan Teor.

Kendala masyarakat disana masih minim mendapatkan akses transportasi darat dan laut untuk masuk ke Ibukota Kabupaten SBT di Bula. Urusan administrasi kependudukan pun lambat.

Untuk memutus keterisolasian tersebut, pasangan calon BupatiWakil Bipati SBT, Fachri Husni Alkatiri-Arobi Kelian berkomitmen bila terpilih jadi memimpin kabupaten Ita Wotu Nusa periode 2020-2025 nanti, akan mengatasi problem tersebit.

Karena itu mereka akan melimpahkan urusan administrasi kependudukan seperti perekaman KTP elektronik, Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran di limpahkan ke Kecamatan, demi mempermudah serta memperlancar pelayanan publik.

“Perekaman e-KTP memang tidak dipungut biaya, begitu pun pembuatan Kartu Keluarga bagi masyarakat,” ungkap Fachri Husni Alkatiri kepada wartawan di Bila, Jumat (13/11/2020).

Namun semua itu lebih berpusat di Ibukota Kabupaten, sehingga menyebabkan masyarakat harus ke Ibukota dan berkorban merogoh kocek (biaya) yang besar hanya untuk merekam KTP elektronik dan KK dan Akta Kelahiran.

Baca Juga: Fachri – Arobi Layak Pimpin SBT

Menurut dia, untuk meringankan beban masyarakat pedesaan di SBT umumnya beberapa tugas akan dilimpahkan kepada Kecamatan misalnya perekaman e-KTP. Tujuannya, memperpendek rentang kendali masyarakat di kecamatan yang jauh dari jangkauan ibukota kabupaten.

“Insha Allah begitu Beta deng pak Arobi terpilih dan dilantik sebagai Bupati – Wakil Bupati SBT, segera mungkin kita upayakan urusan masyarakat misalnya untuk perekaman e-KTP dan Kartu Keluarga itu kita limpahkan ke Kecamatan. Pelimpahan sebagian tugas ini demi memperpendek rentan kendali masyarakat SBT,” jelas Fachri Husni Alkatiri.

Ketua DPC PKS Kabupaten SBT ini menerangkan, program yang digagas tersebut merupakan keputusan politik yang telah disepakati bersama antara kandidat dan partai pokitik pengusung pasangan Bupati-Wakil Bupati SBT nokor urut 2 ini.

Sehingga jika terpilih dalam pilkada 9 Desember 2020, ia dan Arobi Kelian akan segera mewujudkan program dimaksud.

Masyarakat Sambut Positif

Program Fachri-Arobi tersebut disambut dengan baik oleh masyarakat SBT. Salah satunya warga Kecamatan Kilmury, Aldy Kelosan.

Baca Juga: Teor untuk Fahri – Arobi

Ia merespon positif program yang dicanangkan paslon FAHAM ini. Jika direaoisasikan, lanjutnya, jelas itu sangat membantu masyarakat di daerah terluar dan terdepan serta tertinggal (3T). Khsusnya Kilmury dan SBT pada umumnya. Aldy.

“Kami sangat mendukung gagagsan luar biasa dari pak Fachri-Arobi itu. Kilmury selama ini terisolir, semoga program tersebut menjadi prioritas dan bisa menjawab keterisolasian Kolmury. Selaku pemuda Kilmury, saya sangat mengapresiasi pak Fachri-Arobi, karena dengan program mereka itu bisa menjawab kondisi SBT saat ini” pungkas Aldy. (TIM)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Berita Utama