Spektrum

Bersama Membangun Negeri

Fachri – Arobi Layak Pimpin SBT

Fachri – Arobi Layak Pimpin SBT

Tampil berkontestasi di Pilkada Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Fachri Husni Alkatiri-Arobi Kelian lebih mengedepankan visi misi dan program kerja, serta kesantunan dalam berpolitik. Paslon ini dinilai sebagai jalan baru untuk membawa perubahan bagi masyarakat SBT.

BULA, SPEKTRUM –  Tujuh program prioritas Fachri – Arobi akan menjawab keresahan dan kegelisahan seluruh masyarakat SBT selama ini. Tujuan mereka membangun negeri Ita Wotu Nusa itu agar bisa lebih baik lagi kedepan.

Gagasan untuk membangun negeri dan pro terhadap kemaslahatan masyarakat SBT secara kolektif, menjadi komitmen prioritas duo tokoh muda SBT ini. Karena itu, dukungan moril dari masyarakat kepada Fachri Husni Alkatiri – Arobi Kelian, terus berdatangan. Publik SBT menilai mereka berdua sangat layak untuk memimpin Kabupaten SBT, lima tahun kedepan.

Sekretaris Barisan Loyalis Fachri – Arobi (Balifhar) Husen Voth kepada Spektrum di Bula (10/11) mengatakan, Fachri – Arobi sangat tepat serta layak pimpin SBT karena kedua figur ini punya banyak keunggulan dibanding dua kandidat lainnya.

Menurutnya, kehadiran pasangan calon bupati – wakil bupati kabupaten SBT nomor urut 2 ini diterima semua kalangan masyarakat di SBT.

Selain itu mereka diusung tujuh partai politik yakni PDI-P, PKS, PPP, Gerindra, Hanura, Demokrat dan PKB, punya 15 kursi di parlemen DPRD SBT.

Tujuh parpol itu punya infrastruktur yang rapi di semua tingkatan. Sering mendatangi masyarakat di perkampungan perkampungan di SBT, untuk menjelaskan gagasan Fachri-Arobi, yang mana menjadi harapan masyarakat SBT.

“Memilih kepala daerah, harus memilih figur yang memahami betul kegelisahan masyarakat SBT” tandas Husen Voth, juga pemuda kecamatan Werinama ini.

Ia mengingatkan masyarakat agar tidak asal-asalan memilih pemimpin. Masyarakat harus betul-betul memilih pemimpin yang memiliki cara berfikir dan tindakan yang berkemajuan, cerdas, tegas, inovatif, dan yang utama adalah terpelajar.

“Saya yakin modal pengalaman dan integritas Fachri – Arobi tersebut, sehingga mereka diterima di semua lapisan masyarakat. Mereka pimpin SBT. Sejumlah program kerja mereka sangat sejalan dengan kebutuhan masyarakat SBT kini dan kedepan,” ungkap Hasan Voth.

Menurutnya, Jangan hanya persoalan 50-100 ribu kemudian cita-cita membangun Seram Bagian Timur yang katong cintai harus kembali ke tangan-tangan yang tidak mencintai SBT. Tutup pemuda yang sering disapa Cen.

Masyarakat Wakate Dukung FAHAM

Pasangan calon bupati – wakil bupati kabupaten SBT, Fachri Husni Alkatiri – Arobi Kelian (FAHAM), memaksimalkan masa kampanye  bersama tim sukses. Mereka terus mendatangi masyarakat untuk menyampaikan visi misi dan program kerja paslon nomor urut 2 ini.

Kemarin, mereka berkampanye di dua kecamatan, daerah pemilihan III. Masyarakat Kecamatan Teor dan Watubela Kesuy (Wakate), merespon positif Fachri-Arobi.

Fachri bersama tim sukses selama lima hari mengunjungi sejumlah desa dan negeri adat di dua kecamatan tersebut.

Dalam kampanye terbatas, Fachri berkomitmen jika terpilih bersama Waiilnya Arobi Kelian, akan menyelesaikan pembangunan jalan lingkar Teor, menyediakan transportasi, jaringan telekomunikasi dan penerangan di wilayah tersebut.

“Hari ini kita punya banyak masalah. Misalhya akses transportasi yang minim membuat masyarakat terkendala, demikian pula akses telekomunikasi dan penerangan turut menghambat kemajuan bagi daerah ini,” jelas Fachri saat berorasi di Kesuy.

Fachri-Arobi juga akan fokus terhadap masalah pengangguran di SBT. Menjawab itu mereka akan berupaya membuka lapangan kerja kepada untuk generasi muda melalui program pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), yang telah dicanangkan pemerintah pusat pada kebijakan daerah.

Hamdan, warga Wakate memilih Fachri-Arobi karena menilai paslon ini punya visi misi dan program kerja yang memang menjadi dambaan masyarakat SBT umumnya.

“Pak Fachri dan Arobi layak katong pilih. Sebab dong dua punya program bisa bawa perubahan buat masyarakat. Fachri-Arobi impian SBT,,” terang Hamdan, dejgan dialeg Ambon, di sela sela kampanye Fachri.

Dukungan yang sama juga mengalir dari masyarakat Teor. Salah satunya Tokoh Pemuda Teor Syamsudin. Menurutnya, Fachri-Arobi bisa membawa perubahan bagi masyarakat.

“Kami dukung Fachri dan Arobi, karena punya program yang pro masyarakat. Visi misi dan program kerja yang ditawarkan beta kira ini solusi menjawab keluhan masyarakat SBT selama ini. Masalah ekonomi, kesehatan, pendidikan, pengangguran dicananhkan Fachri-Arobi sangat tepat untuk kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Ia mengaku mereka memiliki satu aspirasi yang memiliki suatu keinginan dan satu tujuan yakni membawa perubahan bagi SBT.

“Pemimpin seperti ini wajar untuk katong dukung dan pilih,” tegas Syamsudin.

Tujuh Program Fachri-Arobi

1. Tambang untuk Rakyat: Mendorong kepemilikan saham pemerintah daerah SBT dalam usaha pertambangan, penguatan tanggung jawab tambang tentang dampak lingkungan. Pertambangan wajib mempekerjakan pekerja SBT. Membangun SMK dan pelatihan pertambangan untuk pelajar SBT.

2. Balai Kerja Rakyat: Bantuan pelatihan dan pemodalan hingga Rp.10 juta untuk wirausaha muda baru. Membangun pusat-pusat ekonomi baru berbasis desa. Pengembangan ekonomi kreatif untuk perempuan. Respon cepat mendorong SBT daerah ramah investor.

3. Nelayan Petani Mandiri: Membangun desa-desa nelayan mandiri terintegrasi. Mengembangkan industri perikanan sehingga SBT tidak hanya dijadikan pusat penangkapan ikan saja melainkan pusat industri pengolahan perikanan sehingga punya nilai tambah ekonomis. Bantuan bibit dan pupuk untuk petani, serta menjamin stabilitas harga hasol pertanian.

4. Peningkatan Kualitas Hidup Layak: Bedah rumah tidak layak huni, perbaokan sanitasi, dan menjamin ketersediaan air bersih.

5. Percepatan Infrastruktur Daerah: Penambahan panjang jalan SBT yang hari ini rasionya baru 0,15%. Membangun konektivitas antar pulau lewat pengembangan pelabuhan mini, peningkatan armada laut bersubsidi, serta revitalisasi bandara dan pelabuhan.

6. Kesehatan Pendidikan Berkualitas: meningkaylan status rumah sakit ukum daerah melalui peningkatan fasilitas kesehatan dan tenaga medis. Speedboat kesehatan (Ambulance Laut), untuk masyaralat di pulau jauh. Peningkatan kualitas dan kesejahteraan guru dan guru honorer, menjamin ketersediaan guru, serta peningkatan fasilitas pendidikan. Beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa berprestasi.

7. SBT Destinasi Wisata Internasional: Fokus pengembangan daerah potensi wisata seperti Geser, Koon Gorogos, Solli dan lainnya menjadi destinasi wisata internasional unggulan di Indonesia Timur. Promosi wisata SBT ke level nasional dan internasional. (TIM)

Pin It on Pinterest