Connect with us

PENDIDIKAN

Pemprov Maluku akan Bangun Enam Unit Sekolah di Ambalau

Penyambutan Gubernur Maluku Murad Ismail saat melaksanakan kunjungan kerja di Kecamatan Ambalau Kabupaten Buru Selatan

AMBON, SPEKTRUM – Pada 2022 nanti akan dibangun enam unit sekolah di Kecamatan Ambalau, Kabupaten Buru Selatan (Bursel). Enam sekolah yang akan dibangun masing-masing, Sekolah Dasar (SD) sebayak 4 unit dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebanyak 2 unit.

“Tahun 2021 kita akan bangun SD sebanyak 4 unit dan SMP sebanyak 2 unit,” ungkap Gubenur Maluku, Murad Ismail saat kunjungan kerja di Kecamatan Ambalau belum lama ini.

Murad menjelaskan, seharusnya kewenangan SD dan SMP itu menjadi kewenangan bupati/walikota, akan tetapi hal tersebut, bukan menjadi masalah. “Karena ini menjadi salah satu wujud keseriusan bersama dalam membangun pendidikan di daerah ini,” terangnya.

Ia menegaskan, sebenarnya SD dan SMP itu urusan bupati, namun visi misinya saat menjadi calon Gubernur Maluku adalah Maluku yang terkelola secara jujur, bersih dan melayani, terjamin dalam kesejahteraan, berdaulat atas gugusan kepulauan.

“Sehingga tidak ada alasan SD ataupun SMP hanya menjadi urusan bupati atau walikota, tetapi saya juga ikut campur,” katanya.

Mantan Dankor Brimob Polri ini tetap pada komitmennya, membangun Maluku secara merata di seluruh kabupaten/kota dengan mengoptimalkan berbagai program yang ada.

Keinginan tersebut yang membuat Murad harus turun ke wilayah terpencil, terluar dan pulau-pulau kecil di tiap kabupaten untuk mendengar langsung apa yang menjadi kebutuhan prioritas masing-masing daerah.

Seiring dengan kunjungan kerja melalui kegiatan turun ke desa-desa untuk menjemput aspirasi, akhirnya, Gubernur Maluku mengantongi berbagai persoalan di bidang pendidikan dan bidang lainnya.

“Kenapa saya turun (kunker) melibatkan Ketua DPRD, Anggota Komisi III DPRD, Sekda dan sejumlah Pimpinan OPD. Ini karena kita akan menyusun APBD 2021. Tujuannya setelah kunjungan ini, kita bisa memprioritaskan kegiatan-kegiatan pembangunan apa saja untuk dimasukan ke dalam APBD,” tandasnya.

Selain pembangunan infrastrukur sekolah, di tahun 2021 mendatang akan dilakukan pembangunan jalan lingkar Namrole-Ambalau. “Pak bupati (Tagop Soulisa) sudah mengatakan, untuk perencanaannya sudah bisa dilakukan di tahun 2021,” terang Gubernur. (*/S-16)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in PENDIDIKAN