Spektrum

Bersama Membangun Negeri

Oknum Perangkat Desa SBT Main Politik

Oknum Perangkat Desa SBT Main Politik

AMBON, SPEKTRUM – Oknum Perangkat Desa di Kabupaten Seram Bagian Timur tak kapok main politik praktis. Aturan diabaikan. Mereka nekatĀ  kampanye untuk pasangan calon bupati-wakil bupati SBT, Abdul Mukti Keliobas-Idris Rumalutur (ADIL).

Melalui saluran media sosial oknum perangkat desa itu berkampanye untuk Mukti-Idris. Secara terang-terangan mempublikasikan foto pada laman facebook.

Kasus perangkat desa main politik praktis itu diduga melibatkan Abdul Mutalib Rumasukun, Kepala Desa (Kades) Kwamor Mata Wawa, Seram Timur.

Caranya, Kades Kwamor Mata Wawa ini mengumpulkan masyarakatnya menghadiri kampanye Mukti – Idris di desa Kwamor, belum lama ini.

Abdul juga ikut membagikan foto dengan atribut bertuliskan ADIL di atas sebuah perahu dalam akun facebook miliknya.

Keterangan fotonya “Nina jou si saka mumu mau ra loka, giuk ira kita fun nini lira mu matakut manla iii”. (Mama dong naik sudah ikut mama dong pung mau, perahu itu katong punya itu, jang takut).

Ketua Bumdes Rumfakar, M. Sari Kella Bersama Calaon Bupati SBT, Abdul Mukti Keliobas

Dari foto yang telah beredar luas juga diterima Spektrum, Kades Kwamor Mata Wawa ini tampak duduk berdampingan dengan salah satu juru kampanye pasangan ADIL yakni Musyafi Rumadan. Foto ini diabadikan bertepatan dengan acara kampanye Mukti – Idris di Desa Kwamor Mata Wawa.

Menyangkut hal tersebut, salah satu warga Kwamor di Bula Rabu (4/11) mengakui, dalam foto tersebut adalah Kepala Desa Administratif Kwamor Mata Wawa, Abdul Mutalib Rumasukun.

“Benar, yang menggunakan peci dan batik dalam foto itu adalah pak Kepala Desa Kwamor Mata Wawa,” ungkapnya, sembari meminta namanya tak perlu dipublikasikan.

Selain itu,  ketua BPNA Rumfakar Bahtiar Rumbouw juga bekerja mememenangkan Mukti – Idris di desa Rumfakar, Kecamatan Kiandarat.

Tampak dia berfoto bersama salah satu tim pemenang ADIL Zainudin Kelsaba sambil angkat satu jari (nomor urut paslon ADIL).

Bahtiar Rumbouw juga memposting statusnya pada Grup New Pilar – SBT, Facebook”Untuk Rumfakar ADIL Menang Katong seng mau tau”.

Ketua Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Rumfakar M. Sari Kella juga diduga terlibat memenangkan pasangan ADIL. Ia pun menunjukan foto dengan calon bupati SBT, Mukti Keliobas di salah satu rumah. Fotonya kini beredar luas.

Ketua BPNA Rumfakar kecamatan Kiandarat bersama tim pemenang Mukti – Idris

Diketahui sebelumnya, dua oknum karateker desa juga terlibat berkampanye untuk Mukti – Idris. Adalah Ibrahim Alvin Rumatumia, Karateker Desa Administratif Waisamet Kecamatan Bula Barat, dan M. Yusran Buatan,  Karateker Desa Administratif Wailola Kecamatan Bula.

Keterlibatan mereka ada pada sehuah video yang diabadikan Alvin, saat berada d salah satu Posko Pemenangan Paslon ADIL di Desa Waras-Waras Jecamatan Tutuk Tolu. Kasus tersebut masih ditangani Bawaslu Kabupaten SBT. (TIM)

Pin It on Pinterest