Connect with us

AMBOINA

Protes AKDP, Sopir Angkot Mengaduh ke DPRD Ambon

Para Sopir Angkutan Kota memarkirkan mobil mereka di dwpan gedung DPRD Kota Ambon, Belakang Soya Kecamatan Sirimau, Ambon, Maluku, Selasa (20/10/2020).

AMBON, SPEKTRUM – Puluhan sopir Angkutan Kota (Angkot), jalur Baguala dan Teluk Ambon, Selasa (20/10/2020), mendatangi kantor DPRD Kota Ambon di Belakang Soya Kecamatan Sirimau.

Mereka mengeluhkan ulah sopir Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP), yang sering mengangkut penumpang dalam kota, sehingga mengakibatkan mereka kesulitan mendapat penumpang.

Tiba di gedung DPRD Kota Ambon pada pukul 11.00 WIT, perwakilan pendemo diterima di ruang Komisi III oleh Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Ambon, Gunawan Mochtar bersama Kepala Dinas Perhubungan Kota Ambon, Roby Sapulette.

Di hadepan anggota DPRD dan Kadis Perhubungan Kota Ambon, salah satu sopir mengatakan, sopir AKDP sering mengangkut penumpang jalur dalam kota. Hal itu tentu tidak diterima, karena mereka sendiri kesulitan mencari penumpang dengan kondisi saat ini.

“Sopi AKDP seenaknya mengambil penumpang jalur-jalur Angkot. Untuk itu, denhan pertemuan ini kami minta Kadis Perhubungan agar melihat ini sebagai masalah yang serius. Demikian juga denhan Dinas Perhubungan Provinsi,”tuturnya.

Ia mengaku, kebebasan sopir AKDP untuk masuk ke jalur Angkot, sudah sering mendapat teguran, namun hal itu tidak terlalu direspon. Pasalanya, hal yang sama masih sering dilakukan oleh sopir AKDP. Untuk itu, perlu ketegasan Dishub Provinsi.

“Setiap hari petugas swiping Angkot, tapi AKDP tidak. Janji lakukan pengawasan juga ternyata tidak dilakukan. Akhirnya mereka bebas lewat jalur Angkot. Kita sama-sama cari nafkah, tapi sesuai prosedur juga,”tandas sopir.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Komisi III, Gunawan Mochtar mengatakan, pihaknya akan membahas ini bersama Dishub, Kamis (22/10/2020).

Pertemuan Perwakilan Sopir Angkot Bersama Komisi III DPRD Kota Ambon dan Kadis Perhubungan Kota Ambon.

Kesempatan yang sama, Kadis Perhubungan juga berjanji akan menghadirkan Dishub Maluku dalam rapat nanti. Mengingat ada surat Dishub Maluku yang megatakan, bahwa ijin trayek AKDP, melewati jalan Jenderal Sudirman untuk masuk ke pusat kota.

“Untuk itu, nanti kita undang Kadis Perhubungan Maluku, Ditlantas Polda, Satlantas Polresta Ambon untuk duduk bersama dengan Komisi III nanti,”jelas Sapulete. (S-01)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in AMBOINA