Spektrum

Bersama Membangun Negeri

Perebutan Kursi Ketum PB AMGPM Mulai Memanas

Perebutan Kursi Ketum PB AMGPM Mulai Memanas

AMBON, SPEKTRUM – Meski lima hari lagi Kongres Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku (AMGPM) ke XXIV baru akan digelar di Kota Ambon, yakni 25-28 Oktober mendatang, namun perebutan kursi ketua umum pengurus besar (PB) AMGPM terlihat mulai memanas.
Klaim dukungan mulai bermunculan dari sejumlah kubu kandidat yang bakal bertarung memperebutkan kursi pucuk pimpinan AMGPM itu. Informasi yang dihimpun dari panitia kongres menyebutkan, meskipun baru dua orang yang mendaftar calon Ketum PB AMGPM, yakni Pendeta Youndry Paays dan Melkianus Sairdekut, tapi dipastikan akan muncul “kuda hitam” dan ini dinamika dalam setiap perhelatan suksesi Ketua Umum PB AMGPM.
Kepada Spektrum, di Ambon, Senin (19/10), panitia yang enggan namanya dikorankan menjelaskan, saat ini, “kuda hitam” belum bermunculan, namun dipastikan, jelang hati H perhelatan kongres, mereka akan mendaftarkan diri.
“Kita lihat saja nanti. Ada “kuda hitam” dia belum muncul. Bisa dipastikan saat injury time baru yang bersangkutan muncul. Memang ada beberapa kandidat. Tapi saya kira yang ditunggu-tunggu itu saat injury time, karena disitu kita akan lihat siapa yang bakal maju. Oh pasti dari kalangan pemimpin jemaat juga. AMGPM ini butuh orang-orang yang kreatif, sebab itu semakin banyak kandidat yang maju itu bagus, sehingga peserta yang punya hak pilih juga akan bebas memilih dan mengetahui visi dan misi dari setiap kandidat itu,”ujar Sumber
Sementara itu, kubu kandidat Melkias Sairdekut yang juga tidak ingin namanya dikorankan meyakini, Saidekut bakal memenangkan pertarungan tersebut dan menduduki jabatan Ketuam PB AMGPM.
Menurut sumber itu, AMGPM butuh pemimpin seperti Saidekut untuk membangkitkan semangat AMGPM.
“Kalau menurut saya, AMGPM itu butuh pemimpin seperti pak Sairdekut. Apalagi beliau kan punya jabatan politik, saat ini Wakil Ketua DPRD Maluku, dengan begitu, AMGPM kedepannya akan lebih baik dan punya warna dalam kehidupan bermasyarakat,”katanya.
Ia mengaku, Saidekut mendaftarkan diri sebagai peserta dari daerah asal Suli Banda. Meski demikian, Politisi Partai Gerindra itu dipastikan mendapat dukungan penuh dari wilayah Maluku Tenggara Raya.

“Dari wilayah Tenggara Raya sepakat dan menyatukan pilihan kepada Siardekut,” beber sumber tersebut.
Sairdekut yang dikonfirmasi menyangkut keikutsertaannya dalam perhelatan ini, memilih enggan berkomentar. Sedangkan Pendeta Joundry Paays dari daerah asal Kota Ambon, hingga berita ini diturunkan tidak berhasil dihubungi lantaran telepon selulernya di luar service area. (S01)

Pin It on Pinterest