Connect with us

LINTAS MALUKU

Pesan Pangdam – Kapolda Maluku untuk Masyarakat Aboru

Tatap muka Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Agus Rohman dan Kapolda Maluku Irjen Pol Baharudin Djafar bersama Masyarakat Negeri Aboru, Kecamatan Pulau Haruku Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku

AMBON, SPEKTRUM -Kepala Kepolisian Daerah Maluku Irjen Pol Baharudin Djafar dan Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Agus Rohman menggelar kunjungan silaturahmi di Desa Aboru, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, Selasa, 29 September 2020 pukul 09.00 WIT.

Turut hadir Kabinda Maluku Brigjen TNI Jimmy Aritonga, Aster Kasdam XVI/Pattimura Kolonel Inf Andries, Asintel kasdam, Wakil Ketua III DPRD Provinsi Maluku Aziz Sangkala, Dandim 1504 Ambon, kapolresta Ambon. Wadirpolair Polda Maluku, Ketua Latupati Rusdi Marasabessi, Ketua Majelis Jemaat Negeri Aboru Telly Aunalar Pattiwel, Camat Pulau Haruku Drs.H.M Latuconsina, dan Raja Negeri Aboru Marthen Sinay.

Camat Kepulauan Haruku H.M Latuconsina menyambut positif kunjungan Kapolda Maluku dan Pangdam XVI Pattimura. “Kami sudah berupaya mengarahkan masyarakat kabupaten Maluku Tengah untuk menaati protokol kesehatan dan mencegah serta menghadapi situasi yang ada saat ini. Kami berharap dengan kehadiran pak Kapolda dan Pangdam XVI/Pattimura bisa membuat kebupaten Malteng menjadi lebih baik,”ujar Latuconsina.

Wakil Ketua III DPRD Provinsi Maluku Aziz Sangkala mengatakan, selaku pemerintah yang bertanggungjawab kepada masyarakat, mememang punya keterbatasan.

“Secara pribadi selaku wakil rakyat menyiapkan sebagian dana pokok saya untuk progam kepentingan gereja, dan diminta ada proposal yang di masukan ke kami dari pihak gereja atau pemerintah negeri Aboru. Kami juga sebagai koordinator olahraga dan kesehatan serta pendidikan kami akan melihat apa yang di perlukan untuk kesempatan ini kami siap membantu dan memfasilitasi,’ kata Sangkala.

Di tempat yang sama, Kapolda Maluku Irjen Pol Baharudin Djafar menyatakan, kehadiran dirinya bersama Pangdam XVI/Pattimura sebagai isyarat eksitensi TNI-POLRI untuk masyarakat. “Apa yang kami laksanakan di dunia selama kami menjabat adalah menjadi bekal di akhirat nanti,” kata Irjen Pol Baharudin Djafar.

Kapolda menganjurkan masyarakat Aboru untuk mengajak para anggota yang bertugas di desa tersebut harus melaksanakan ibadah.  Alasannya sebelum melayani masyarakat harus memulai dengan ibadah dan doa.

Kapolda Maluku lalu menceriterakan mengisahkan Isa Al Masih memberi makan 5000 orang dengan 5 roti dan 2 ikan sebagaimana yang di ajarkan dalam Alkitab,  itu menjadi kesan dan gambaran bagi umat kristiani untuk melaksanakan kehidupan yang lebih baik.

“Mudah mudahan kehadiran kami di sini menjadi berkah dan amanah bagi masyarakat dan dapat di pertanggung jawabkan di akhirat,” ucapnya.

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Agus Rohman menyatakan, kehadirannya disini bersama Kapolda maluku semua atas kehendak Tuhan. “Saya hadir disini adalah amanah dari Tuhan. Dalam kesempatan ini kami menyatukan kekuatan untuk mewujudkan untuk mengamankan dan membuat masyarakat menjadi lebih aman dan nyaman,” tandas Pangdam.

Ia mengaku, berkunjung ke Aboru sekaligus untuk belajar masalah dan menerima masukan dari mayarakat untuk keamanan ke depan nanti. “Kami dari TNI dan Pemda Maluku siap untuk melayani dan membantu masyarakat disini dalam hal pembangunan,” ungkap Pangdam.

Ia mengemukakan, tiga tugas pokok TNI yaitu menjaga kedaulatan Negara Republik Indonesia, menjaga keutuhan NKRI, dan melindungi segenap bangsa sesuai  UU No 34 Tahun 2004.

“Maluku ini terkenal dengan lumbung ikan, tetapi jangan hanya namanya saja, kita harus membuktikan untuk semua, apa yang dinamakan itu benar-benar ada,” tuturnya.

Pangdam menambahkan, ada program yang sudah di siapkan oleh Gubernur Maluku untuk membangun Maluku. “Kita harus mendukung itu demi terlaksananya program untuk Maluku, agar menjadi lebih baik dan bisa menyaingi dan setara dengan daerah lainnya,” tukasnya.

Kesempatan ini Pangdam juga menyatakan, penerimaan seleksi menjadi prajurit TNI, bersama pihaknya juga mengutamakan putra daerah.

“Bagi anak anak yang baru lulus SMA diharapkan mendaftarkan diri dalam seleksi penerimaan calon Anggota TNI,” pungkas Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Agus Rohman. (S-07)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in LINTAS MALUKU