Connect with us

Nasional

Enam Perwira Polri Terpilih untuk Bekerja di KPK

AMBON, SPEKTRUM – Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI), di bawah kepemimpinan Firli Bahuri tengah berbenah. Perombakan aparatur internal dilakukan. Itu ditandai dengan pengangkatan tiga direktur, dan sembilan orang Koordinator Wilayah (Korwil) KPK.

Dari 12 nama yang terpilih atau dinyatakan lolos seleksi jabatan struktural pada Sabtu (19/9/2020), enam orang diantaranya adalah anggota aktif Polri. Tercatat hingga kini sudah ada sembilan orang anggota Polri berpangkat perwira tinggi dan menengah termasuk Firli Bahuri (ketua KPK), bekerja di Komisi Anti Rasuah itu.

Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri, yang di konfirmasi Spektrum Online Minggu (20/9/2020), membenarkan hasil seleksi telah diumumkan.

Ia menyebut, tiga Direktur dan sembilan Korwil sudah terpilih melalui seleksi jabatan struktural KPK.

“Mereka lolos atau terpilih setelah selesai ikut seluruh proses tahapan seleksi, yaitu seleksi administrasi dan uji kompetensi oleh pihak ketiga yang independen, profesional dan terpercaya, pengecekan rekam jejak maupun kepatuhan LHKPN, test kesehatan dan terakhir dilakukan presentasi dan wawancara dengan pimpinan KPK terkait visi misi pencegahan dan pemberantasan korupsi,” tulis Ali Fikri dalam Whatsapp yang diterima Spektrum Online, Minggu pagi, (20/09/2020).

Ali Fikri mengakui, para pejabat struktural terpilih tersebut berasal dari Polri, Kemenkominfo dan internal KPK.

“Untuk acara pelantikan dan sumpah jabatan akan kami informasikan lebih lanjut,” kata Ali Fikri.

Berikut ini 12 nama yang dinyatakan lolos seleksi jabatan struktural KPK:

  1. Direktur Dumas : Tomi Murtomo
  2. Direktur Pinda : Riki Arif Gunawan
  3. Direktur Penyidikan : Brigjen Pol Setyo Budiyanto

Koordinator Wilayah KPK:

  1. Asep Rahmat Suwanda
  2. Aminuddin
  3. Budi Waluyo
  4. Aida Ratna Zulaiha
  5. Kombes Pol Didik Agung Widjanarko
  6. Kombes Pol Agung Yudho Wibowo
  7. Kombes Pol Bahtiar Ujang Purnama
  8. Kombes Pol Kumbul Kuswijanto Sudjadi
  9. Kombes Pol Yudhiawan.

Diketahui ICW mencatat, sampai sekarang sudah ada empat orang perwira tinggi Polri bekerja di KPK. Adalah Komjen Firli Bahuri (Ketua KPK), Irjen Karyoto (Deputi Penindakan), Brigjen Setyo Budiyanto (Direktur Penyidikan), dan Brigjen Endar Priartono (Direktur Penyelidikan).

Dengan tambahan lima perwira berpangkat Kombes Pol yang telah lolos seleksi jabatan struktural KPK, Sabtu (19/9/2020), maka total Perwira Tinggi dan Menengah Polri, yang di pekerjakan di lembaga superbodi itu, kini berjumlah sembilan orang. (S-14)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Nasional