May 7, 2021

Spektrum

Bersama Membangun Negeri

Penggunaan Dana Covid-19 Kota Ambon Capai Rp39 Miliar?

Penggunaan Dana Covid-19 Kota Ambon Capai Rp39 Miliar?

IST

AMBON, SPEKTRUM – Awalnya bilang tidak tahu, sekarang Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon Anthony Gustaf Latuheru menyebut penggunaaan dana Covid-19 oleh Pemerintah Kota Ambon hingga kini sebesar Rp.39 miliar.

Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon, Anthony Gustaf Latuheru kepada Spektrum di kantor DPRD Kota Ambon Kamis (17/9/2020) menjelaskan, penggunaannya terbagi dalam 3 item yakni kesehatan, jaring sosial, dan pengembangan ekonomi.

“Dana covid yang telah ditetapkan sebelumnya Rp. 46 miliar, dan sisanya masih tersimpan di BTT,”kata Sekkot.

Sementara terkait dana covid yang hampir mencapai 200 miliar, Sekkot menjelaskan, dana tersebut adalah dana covid cadangan dari refocussing yang masih tersimpan dalam Belanja Tidak Terduga (BTT) dan belum dipakai.

“Sesuai Permendagri, dengan kondisi ini mewajibakan untuk dilakukan refocussing tanpa melalui perubahan APBD, dan dana itu ditampung di BTT. Awalnya refocusing ditetapkan 5 miliar, namun setelah direfocussing, bertambah hingga mencapai Rp. 187.687.880.104. Total menjadi Rp. 192.687.880.104 seperti yang tertulis dalam pidato Walikota itu,”jelasnya.

Disinggung soal berapa refocusing dari masing masing OPD, Sekkot mengaku tidak mengetahui pasti. “Saya harus liat data kalau soal itu,”katanya. (S-01)

Pin It on Pinterest