Spektrum

Bersama Membangun Negeri

Program Kalesang Negeri Butuh Dukungan Pemerintah Kabupaten dan Kota

Program Kalesang Negeri Butuh Dukungan Pemerintah Kabupaten dan Kota

AMBON, SPEKTRUM – Program Kalesang Negeri harus didukung Pemerintah Kabuoaten dan Kota di Maluku karena kegiatan tersebut merupakan upaya mendorong partisipasi masyarakat menjaga kebersihan lingkungannya.
“Program inj butuh komitmen bersama dalam proses realisasinya termasuk dukungan bupati dan walikota, tokoh agama, tokoh adat hingga masyarakat menengah kebawah,” kata Gubernur Maluku, Murad Ismail dalam sambutannya pada pencanangan Program Kalesang Negeri yang diinisiasi Komunitas Peduli Sungai Lingkungan dan Negeri (KPSLN) di kawasan Negeri Batu Merah Kecamatan Sirimau Kota Ambon, Jumat (11/09/2020).

Murad mengungkapkan, program Kalesang Negeri merupakan program milik Dinas PUPR Maluku yang diinisiasi KPSLN, sehingga diharapkan bisa berdampak positif dalam menciptakan disipilin diri, serta merubah pola pikir masyarakat menjadi lebih baik.
“Ini bentuk komitmen Pemprov Maluku dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Dengan terciptanya kebersihan lingkungan, kita bisa melindungi keluarga kita, dari Covid-19 yang sedang mewabah,” ungkapnya.

Penekanan tombol menandai Pencanangan Hari Kalesang Negeri

Melalui program Kalesang Negeri ini lanjut Murad, bisa membawa manfaat untuk kebaikan masyarakat dari sektor kesehatan maupun ekonomi.
“Hal yang terpenting adalah, komitmen untuk mendukung kebijakan dan program ini secara berkelanjutan. Agar kebersihan lingkungan disetiap wilayah Provinsi Maluku, terus terjaga dengan baik, ” harapnya.

Usai pencanangan, Murad didampingi ibu Widya Murad Ismail, mengecat salah satu atap rumah milik warga di Kelurahan Pandan Kasturi, sebagai awal dilakukannya Kampung Pelangi di Kota Ambon.

Gubernur Maluku Murad Ismail didampingi Ny. Widya Pratiwi Murad mengecat atap rumah salah satu warga Pandan Kasturi mengawali pembuatan Kampung Pelangi di Kota Ambon

Sementara itu, Ketua Panitia Gerakan 11 September, Mus Mualim mengatakan, ada beberapa agenda yang juga dilakukan dalam kegiatan ini, diantaranya bersih-bersih lingkungan, penananan pohon Mangrove hingga pengecatan 200 rumah warga di kawasan Kota Jawa dan Kelurahan Pandan Pasturi dan penyerahan bibit pohon Cengkih kepada masyarakat Latu, Hualoy dan Tomaleho Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) oleh Pangdam XVI/Pattimura Agus Rohman.

Hari Kalesang Negeri dicanangkan bertepatan dengan HUT Gubernur Maluku Murad Ismail ke 59.

Pencanangan Hati Kalesang Negeri ditandai penekanan tombol sirine secara bersamaan oleh Gubernur Maluku, Murad Ismail, Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Agus Rohman, Kapolda Maluku Irjen Pol. Baharudin Djafar, Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku Rorogo Zega dan Walikota Ambon Richard Louhenapessy. (S-16)

Pin It on Pinterest