May 19, 2021

Spektrum

Bersama Membangun Negeri

Distan Maluku Bagikan 600 Paket Hasil Produksi Tanaman Holtikultura

Distan Maluku Bagikan 600 Paket Hasil Produksi Tanaman Holtikultura

AMBON, SPEKTRUM – Kementerian Pertanian memberikan paket bantuan hasil produksi tanaman hortikultura berupa sayuran dan buah-buahan untuk dibagikan ke seluruh provinsi di Indonesia.
Penerima bantuan ini khususnya panti asuhan dan nwarga yang terkena dampak ekonomi akibat wabah covid-19.
Penyaluran bantuan dari Kementerian Pertanian ini diserahkan melalui Dinas Pertanian tiap provinsi s3cara serentak tepat pada perayaan HUT Kemerdekaan RI ke 75 tahun.

Di Maluku, Dinas Pertanian membagikan 600 paket tanaman produksi hortikultura berupa buah-buahan dan sayuran kepada masyarakat khususnya yang berdampak ekonomi dan panti asuhan di Kota Ambon tepat pada HUT Provinsi Maluku ke 75, Rabu (19/08/2020).
“Produksi holtikultura berupa buah dan sayur ini kita ambil dari daerah sentra pertanian atau menyanggah produksi tanaman holtikultura di Kota Ambon, yakni Maluku Tengah, Seram Bagian Barat dan Pulau Buru,” jelas Kepala Dinas Pertanian Provinsi Maluku, Ir. Diana Padang kepada wartawan usai penyerahan bantuan tersebut di halaman Dinas Pertanian Provinsi Maluku, Ambon, Rabu (19/08/2020).

Paket bantuan yang siap disalurkan

Hasil produksi tanaman holtikultura yang dibagikan saat ini kata Diana, langsung diambil dari masyarakat bukan dari penjual atau pihak kedua.
“Kami ambil langsung dari petani mengantisipasi produksi dari mastarekat yang over produksi,” jelas Diana.

Diana memberi contoh jika saat ini di Seram Bagian Barat, produksi lemon cina sangat banyak.
“Ini terjadi over produksi, masyarakat tidak mau lagi lakukan panen dan menjualnya karena jatuh harga. Untuk itu, Dinas Pertanian Provinsi Maluku membeli langsung dari petani dan membagikan kepada masyarakat,” jelasnya.

Kepala Distan Maluku bersama.staf

Hal yang sama juga terjadi pada tanaman jeruk manis dari Maluku Tengah, jenis sayuran misalnya terong diambil dari petani di Seram Bagian Barat.
“Ada juga buncis, pare, ketimun, cabe merah, cabe keriting dan tomat di beli dari petani di Buru,” jelasnya.

Pihaknya bersyukur, tiga kabupaten penyangga Kota Ambon, semuanya terakomodir pembelian hasil produksi tanaman holtikultura.
“Syukurlah, hasil produksi tanaman holtikultura dari tiga kabupaten menyanggah Kota Ambon bisa tercover dalam pembelian langsung ke masyarakat,” kata Diana.

Anggota Satpol PP yang bertugas di Kantor Distan Maluku juga menerima paket bantuan tersebut

Sebelumnya, menandai penyerahan bantuan hasil produksi tanaman holtikultura kepada masyarakat terdampak covid-19 dan panti asuhan, Gubernur Maluku, Murad Ismail telah menyerahkan bantuan ini secara simbolis saat upacara peringatan HUT Provinsi Maluku di Lapangan Merdeka. (S-16)

Pin It on Pinterest