Connect with us

AMBOINA

Perkenalan Dengan Insan Pers, Ini Cerita Pangdam XVI/Pattimura

Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Agus Rohman (tengah), Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol Mohamad Roem Ohoirat (kanan), jalan pagi bersama Insan Pers di Kota Ambon Maluku, Selasa (18/8/2020)

AMBON, SPEKTRUM – Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Agus Rohman menggelar Silaturahmi sekaligus memperkanalkan diri bersama insan pers di Kota Ambon.

Kegiatan silaturahmi sekaligus coffee morning yang berlangsung di Rumah Dinas Pangdam di Tapal Kuda, Air Salobar, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Selasa (18/8/2020) itu diawali dengan jalan santai dan senam bersama.

Turut hadir sejumlah pejabat Kodam XVI/Pattumura, Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol. M Roem Ohoirat, serta prajurit Kodam.

Dalam sambutannya Pangdam menyampaikan terima kasih atas kehadiran para insan pers di Kota Ambon.

Pangdam yang pengalaman bertugas pertama selama 32 Tahun di TNI itu menuturkan, Tuhan mengijinkan dirinya ke Maluku. Dan itu suatu kembanggaan sekakigus tantangan untuk bagaimana dirinya dapat mengabdi dan berbuat untuk rakyat Maluku sebelum memasuki masa pensiunnya setahun lagi.

“Suatu kehormatan sekali kalian bisa hadir memenuhi undangan kami untuk menyatukan satu visi dan kekuatan demi meraih sukses menuju Maluku aman dan damai dan sejahtera, itu salah satu misi saya di Maluku,”ujar Pangdam.

Pangdam berharap, setelah perkenalan ini, Kodam dan insan pers tidak saling menyakiti (dalam pemberitaan maupun lainnya). Itulah maksud dan tujuan dari pertemuan ini.

Lululusan Akmil Tahun 1988 itu mengatakan, dirinya sangat senang bisa bertatap muka dengan insan pers untuk saling bertukar pikiran, komunikasi dan menjalin keakraban yang sangat baik.

Berkaitan dengan misinya, Pangdam telah mendatanhi seluruh unsur yang ada di Maluku, diantaranya mulai dari Tokoh Agama, adat, LSM, Akademisi, termasuk insan pers saat ini, semata untuk menyatukan kekuatan demi meraih sukses.

“Satukan kekuatan ini bukan hanya TNI-Polri saja, tapi semua komponen masyarakat, wartawan juga dalam rangka untuk menyatukan kekuatan ini,”tuturnya.

Untuk itu, temu santai ini dalam rangka membangun kesamaan visi guna membangun situasi yang kondusif terutama dalam menyikapi pandemi covid19 yang saat ini yang telah berdampak pada pertumbuhan ekonomi saat ini, sehingga bagaimana dapat menyikapi situasi ini dan bagaimana menyeimbangi pertembuhan ekonomi saat ini.

Selain itu, dengan 92 persen lautan dan 8 persen daratan di Maluku, sehingga potensi potensi yang ada di laut yang belum tergali secara keseluruhan untuk dapat dimanfaatkan.

“Saya yakin banyak sekali SDA yang dapat dimanfaatkan dari laut Maluku, sayang sekali kalau tidak dimanfaatkan secara maksimal. Saya dapat informasi kalau potensi ikan di Maluku ini tidak dirambah oleh pencuri-pencuri dari luar, bisa mencapai 40 triliun per tahun. Bagaimana kita memanfaatkan lautan itu sebagai emas yang berharga. Belum yang lain, soal kesuburan tanah Maluku,”katanya.

Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Agus Rohman (kiri)

Pangdam juga menyinggung soal bakat dan hobi anak anak muda Maluku untuk berolahraga, terutama sepak bola, namun dengan keterbatasan lapangan, menghambat itu.

“Silakan manfaatkan apa yang ada di Kodam, untuk lapangan bola, maupun fasilitas lainnya, nanti saya arqhkan untuk masing-masing danyon agar selalu menggerakan masyarakat untuk mau berolahraga, pada fasilitas fasilitas milik TNI,”tukasnya. (S-01)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in AMBOINA