May 7, 2021

Spektrum

Bersama Membangun Negeri

Warga Pinang Putih Puncak Ambon Gelar Upacara HUT NKRI

Warga Pinang Putih Puncak Ambon Gelar Upacara HUT NKRI

-Cinta Tanah Air Sebagian dari Iman

AMBON, SPEKTRUM – Semangat dan rasa nasionalisme terhadap negara ini masih terpatri dan bersemayam di sanubari rakyat Indonesia termasuk masyarakat Maluku. Khususnya lagi warga RT006/RW06, Pinang Putih Puncak, Desa Hative Kecil, Kecamatan Sirimau Kota Ambon, Provinsi Maluku.

Senin (17/8/2020), ratusan warga disini mulai anak anak hingga para ibu ikut menggelar upacara bersama dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ke-75 tahun, di kompleks RT006 Pinang Putih Puncak.

Tema yang diusung warga Pinang Putih Puncak adalah Hubbul Wathon Minal Iman, atau Cinta Tana Air Sebagian Dari Iman. Upacara dipimpin oleh Ustadz Abdurrahman Tuanaya, Lc.

Sumila pelupessy, membacakan teks UUD 1945. Rama Marasabessy pembaca naskah proklamasi
Pancasila, oleh ustadz Abdurrahman Tuanaya. Pengibaran bendera merah putih oleh siswa SMA. Uniknya para peserta upacara mengenakan kain sarung batik berkemeja putih.

Ustadz Abdurrahman menekankan, sesuai tema yang di usung dapam peringatan HUT RI Ke-75 yakni Cinta Tanah Air Sebagian dari Iman, tujuannya menanamkan rasa nasionalisme agar selalu ada di hati warga Pinang Putih Puncak.

Alasannya, karena beberapa tahun terakhir ini ada beberapa kelompok yang ingin memisahkan diri dari keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Untuk itu dalam memperingati kemerdekaan NKRI ke-75 Tahun hari ini, kami warga Pinang Putih Puncak dalam upacara ini mengusung tema Hubbul Wathon Minal Iman. Artinya cinta tanah air sebagian dari iman,” jelas Ustadz Abdurrahman Tuanaya saat diwawancarai oleh Spektrum Online, usai memimpin Upacara di lapangan Badminton, Pinang Putih Puncak.

Dengan usia NKRI yang ke 75 tahun hari ini, Ustadz Abdurrahman berharap kepada pemerintah agar lebih serius dalam menyikapi persoalan persoalan di tengah masyarakat utamanya melaksanakan pembangunan secara merata.

“Selaku warga negara Indonesia tentu kita berharap ada pembangunan dilakukan secara merata sehingga kesejahteraan bisa dinikmati oleh seluruh warga negara Indonesia, dan khususnya bagi warga Pinang Putih Puncak. Dan ketika kita (masyarakat) memperbaiki diri maka dampak sosialnya akan lebih baik lagi,” jelasnya.

Selain itu, selaku masyarakat Maluku, ustadz Abdurrahman juga menaruh harapan kepada Pemerintah Pusat, agar bisa lebih serius memperhatikan kesejahteraan terhadap warga negara, terkhusus kepada masyarakat Pinang Putih Puncak, serta masyarakat Maluku pada umumnya.

Ustadz Abdurrahman Tuanaya, Lc

Turut hador dalam upacara Ketua RT006/RW06 Pinang Putih Puncak, Barkuk Marasabessy, Sekretaris RT006/RW06, Hamid Toisuta dan staf, para Pemuka Agama RT006/RW06 Pinang Putih Puncak.

Usai upacara dilanjutkan dengan serangkaian lomba. Beberapa mata lomba itu diikuti mulai anak anak, remaja dan orang dewasa. Antata lain lomba Isi bola dalam keranjang, Lari Kalom, Tarik 5ambang, Gigi Koin dan makan Roti. Serta acara makan patita bersama. (S-14)

Pin It on Pinterest