May 7, 2021

Spektrum

Bersama Membangun Negeri

Murad Ancam Pecat Kader PDIP yang Membelot

Murad Ancam Pecat Kader PDIP yang Membelot

Menjelang Pilkada serentak 9 Desember 2020 khususnya empat kabupaten di Maluku suhu politik kian memanas. Bahkan tidak sedikit kader partai yang terang-terangan menolak pasangan yang diusung partainya.

AMBON, SPEKTRUM –  Di Kabupaten Buru Selatan khususnya internal PDI-P, ada segelintir petugas partai yang menolak rekomendasi ke Safitri Malik Soulissa sebagai calon bupati.

“Bila ada kader atau anggota partai berlambang membelot atau tidak bekerja memenangkan paslon yang diusung oleh PDIP, maka konsekwensinya adalah pemecatan,” kata Ketua DPD PDIP Maluku, Murad Ismail. Penegasan bernada ancaman ini disampaikan Murad Ismail, kepada wartawan di Sekretariat DPD PDI-P Maluku di Karang Panjang-Ambon, Selasa (11/08/2020), saat penyerahan rekomendasi Paslon Kepala Daerah-wakil kepala daerah Buru Selatan dan Kepualuan Aru.

Murad mengaku, diberi kewenangan mutlak oleh Ketua Umum dan Sekjen PDI-P. “Kalau ada petugas partai atau kader partai yang membalelo saya pecat langsung. Saya telah diberi kewenangan dari ibu Ketua Umum dan Sekjen PDI Perjuangan,” kata dia tegas.

Pemecatan ini dilakukan, tambah Murad, tanpa pandang bulu, termasuk ke petugas partai yang duduk di legislatif atau DPRD pun jika membelot akan di-PAW-kan. “Semuanya jika tidak taat terhadap amanah dan perintah partai, maka konsekwensinya akan dipecat,” tegas Murad.

 Safitri Malik Solissa Calon Bupati Bursel, juga berharap seluruh kader dan pengurus PDIP bisa menindaklanjuti keputusan partai. “Itu harus. Ini merupakan bentuk penegasan Ketua DPD PDIP kepada seluruh kader agar bagaimana bekerja membesarkan partai ini,” kata isteri Bupati Buru Selatan, Tagop Sudarsono Solissa ini.

Murad Ismail pose bersama pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati Bursel dan Aru didampingi Pengurus DPD PDIP Maluku

Di tempat yang sama, Ketua DPC PDI-P Kabupaten Bursel, Achmad Umasangadji, memastikan seluruh kader PDIP di Bursel siap mendukung dan bekerja keras guna memenangkan pasangan Savitri Malik Soulissa dan Gerson Silsily.

“Sejak rekomendasi dikeluarkan, tidak ada satu pun kader yang berjalan tanpa arah. Semuanya tertib. Apalagi setelah ada instruksi DPD PDIP saat ini,” tandasnya.

Menurutnya, saat ini seluruh kader, petugas bahkan simpatisan PDIP di Bursel, telah satu barisan untuk memenangkan Savitri Malik Soulissa dan Gerson Silsily pada pilkada 9 Desember mendatang.

“Selaku Ketua DPC PDIP Bursel, saya tahu kondisi partai. Ketahuan ada yang membalelo maka akan dipecat. Saat ini kita semua satu barisan,” kata dia.

Diketahui, PDI-P merekomendasikan Safitri Malik Soulissa-Gerson Silsily di Pilkada Bursel. Fachri Alkatiri -Arobi Kelian di Pilkada Seram Bagian Timur, dr. Johan Gonga – Muin Sogalrey dan Benjamin Thomas Noach – Agustinus Kilikily di Pilkada Maluku Barat Daya.

Optimis Menang di Empat Kabupaten

Ketua DPD PDIP Maluku Murad Ismail nampak yakin, paslon yang diusung PDIP di empat kabupaten yakni SBT, Aru, Bursel dan MBD pada 9 Desember nanti, akan memenangkan pertaraungan.

“Saya kita menang. Karena seluruh mesin partai siap memenangkan paslon yang diusung partai ini,” ucap Murad penuh optimis.

Keyakninan ini disampaikannya usai rapat pengumuman dan pemberian rekomendasi PDIP kepada pasangan bakal calon Bupati-Wakil Bupati Buru Bursel dan Kabupaten Kepulauan Aru oleh Ketua Umum Megawati Soekarno Putri secara virtual di kantor DPD PDIP Maluku, Selasa (11/8).

Diakuinya, empat paslon sebelumnya direkomendasikan oleh DPD PDI P Maluku ke DPP melalui Ketua Badan Pemenangan Pemilu atau Bappilu DPP PDI-P, Bambang Wuryanto, semuanya mendapat restu dari DPP.

Dimana dua pasangan balon sebelumnya telah diumumkan, yakni pasangan Fachri Husni Alkatiri dan Arobi Kilian untuk Kabupaten SBT dan  Benjamin Thomas Noach–Agustinus Kilikily untuk Kabupaten Kepulauan Aru., dan terakhir adalah paslon Bupati-Wakil Bupati Bursel yakni Safitri Malik Soulissa – Gerson Elieser Selsily, dan Johan Gonga – Muin Sogalrey untuk Pilkada Kabupaten Kepulauan Aru.

“Sesuai hasil diskusi kita yang kemudian diusulkan ke DPP, semuanya sudah disetujui (DPP PDIP). Karena kita masih berada dalam situasi Covid-19, maka pengumuman penyerahan rekomendasi ini dilakukan secara virtual,” imbuhnya.

Ditambahkan, DPD PDIP Maluku sangat bersyukur karena semua yang diusulkan disetujui oleh DPP. Karena itu DPD PDIP Maluku berkomitmen untuk bekerja totalitas dalam memenangkan paslon Bupati-Wakil Bupati telah direkomendasikan oleh DPP tersebut.

Ketua DPD PDIP Maluku mengaku seluruh mesin partai mulai level DPD maupun Dewan Pimpinan Cabang (DPC) telah bersatu untuk memenangkan paslon kepala daerah-wakil kepala daerah yang telah disung partai berlambang Banteng Moncong putih tersebut.

Sehingga DPD PDIP tidak akan segan-segan untuk memecat kader yang sengaja mendukung paslon lain. “Sebab yang direkomendasikan ini adalah kader partai. Jadi kita sangat yakin empat Kabupaten itu, kita akan menang. Jika ada kader yang kerja untuk pasangan lain atau di luar rekomendasikan DPP PDIP ini, maka akan saya pecat, dan itu harga mati,” tegasnya.

semua balon yang direkomendasikan DPP itu berdasarkan pada beberapa indikator, diantaranya hasil survei. Diamana balon yang diusung itu punya elektabilitas yang baik. Kemudian, dari mereka itu semua ada kader partai.

“Selama saya jadi Ketua DPD PDIP Maluku, saya tidak ingin yang punya uang banyak yang harus kita calonkan, tapi kita utamakan kader. Saya harap semua kader harus menyiapkan diri mulai sekarang agar kedepan kita bisa calonkan,” ungkapnya.

Murad juga yakin paslon yang diusung PDIP kan menang, meski melawan ptehana yakni Abdul Mukti Keliobas (Buptai 2015-2020). Alasannya, karena yang diusung PDIP juga adalah Wakil Kepala Daerah. Apalagi, incumbent kepala daerah hanya diusung oleh dua partai, yakni Golkar dengan PKPI.

Penyerahan rekomendasi PDIP oleh Ketua DPD PDIP Maluku kepada Pasalon Bupati-Wakil Bupati Bursel Safitri Malik-Gerson Elieser Selsily.

“Yang kita calonkan juga incumbent. Meski seorang wakil Bupati, tetapi tentu dia sudah matang menghitung kekuatannya. Bahkan, hampir melawan kotak kosong. Karena semua partai merekomendasikan pasangan yang diusung oleh PDIP,” kata Murad optimistis.

Di tempat yang sama, bakal calon Bupati Bursel, Safitri Malik Soulissa mengatakan, rekomendasi yang diberikan PDIP kepada dia dan Gerson, merupakan kepercayaan partai terhadap mereka. Dan selaku kader, Savitri bertekad terus berusaha keras untuk menang di Pilkada Bursel 9 Desember nanti.

“Tentunya selaku bakal calon Bupati juga kader partai, saya sangat berterima kasih kepada DPP dan DPD PDIP Maluku karena telah merekomendasikan saya dengan pak Gerson. Kami tentu siap bertarung dan optimis menang,” pungkas Safitri Malik. (S-16)

Pin It on Pinterest