Connect with us

SOROT

Jaring Tenaga Kerja Berkualitas, Disnaker Maluku Gelar PDN

Sesi foto bersama Plt Kadis Nakertrans Maluku bersama perwakilan peserta dan Penyelenggara PDN 2020

AMBON, SPEKTRUM – Guna memperoleh tenaga kerja yang berkualitas dan terampil, Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Disnaker Trans) Provinsi Maluku menggelar Pemagangan Dalam Negeri (PDN) Tahun 2020, Jumat (07/08/2020) bertempat di aula Kantor Disnaker Trans Provinsi Maluku di Ambon.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya Pemerintah dalam rangka mengurangi tingkat pengangguran di Provinsi Maluku dengan pola pelatihan ketrampilan dan kemudian memfasilitasi peserta magang dengan perusahaan atau industri untuk penempatan kerja.

Plt. Kadis Nakertrans Maluku, M. Thaib Bandjar saat memberikan sambutan pada Pembukaan PDN tahun 2020

Plt. Kepala Dinas Naker Trans, Mohammad Thaib Bandjar dalam sambutannya saat Pembukaan Pemagangan Dalam Negeri (PDN) tahun 2020 di aula Kantor Disnaker Trans Maluku, menjelaskan, kegiatan PDN dilakukan dalam rangka membantu dan memfasilitasi perusahaan/industri dalam proses rekruitmen tenaga kerja untuk bekerja di perusahaan/industri berdasarkan kebutuhan perusahaan atau industri berupa kualifikasi, pengetahuan dan ketrampilan tenaga kerja di perusahaan dengan mengikuti Himbauan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah Provinsi Maluku selama masa Pandemic Covid-19 di Maluku.
“Untuk menjamin system pemagangan ini dapat berjalan secara baik dan konsisten di Provinsi Maluku, maka Forum Komunikasi Jejaring Pemagangan (FKJP) yang merupakan wadah yang beranggotakan unsur-unsur Pemerintah, Perusahaan, Lembaga Pelatihan Kerja,
Asosiasi Profesi dan stakeholder yang ada memfasilitasi, menghimpun dan memberikan informasi yang terkait dengan penyelenggaraan program pemagangan dan sebagainya,” kata Bandjar.

Penandatanganan kesepakatan magang antara peserta PDN dengan perusahaan

Menurutnya, Forum Komunikasi Jejaring Pemagangan ini sangat penting karena forum ini akan menjembatani kepentingan pembinaan kompetensi tenaga kerja dan ketersediaan peluang yang ada di perusahaan untuk pelaksanaaan pemagangan.
“Untuk itu kepada Saudara-saudara yang ada pada forum ini, saya harapkan tetap meningkatkan koordinasi dan kerjasama dengan semua pihak terutama perusahaan atau industri agar pelaksanaan pemagangan ini tetap berjalan dengan baik dan terus ditingkatkan kuantitas peserta magang dan kualitas penyelenggaraanya,” himbau Bandjar.
PDN Tahun 2020 ini, merupakan program penting dan memiliki nilai strategis dalam rangka pengentasan kemiskinan dengan cara pengurangan tingkat pengangguran di Provinsi Maluku.

Hal ini sesuai dengan amanat UU No. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan bahwa peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia dilakukan melalui pelatihan kerja.
“Pelatihan kerja tersebut dapat diselenggarakan dengan mekanisme pemagangan. Itu berarti melalui proses pemagangan ini, kita akan memiliki sumber daya manusia yang berkualitas sebelum masuk dalam dunia kerja di perusahaan dan industri. Dengan meningkatnya jumlah penempatan tenaga kerja baik di perusahaan swasta, BUMN, BUMD maupun Pemerintah, itu berarti jumlah pengangguran di Provinsi Maluku semakin berkurang,” jelasnya.

Plt. Kadis Nakertrans Maluku, M. Thaib Bandjar menandatangani kesepakatan PDN 2020

Tahun 2020 ini ada 130 pencari kerja yang ikut PDN dengan delapan kejuruan yang disediakan, yakni Perhotelan, Pramuniaga, Pramusaji, Menjahit, Pendingin, Sepeda Motor, Otomotif dan Pengolahan hasil perikanan.
PDN akan dilakukan selama Agustus hingga Desember 2020.

Setelah mengikuti pelatihan secara teori, akan dilanjutkan dengan penempatan magang di sejumlah tempat, antara lain, untuk Kejuruan Perhotelan ditempatkan di Hotel Baguala Resort, Hotel Pasific dan Hotel Biz.
Kejuruan Menjahit ditempatkan di
PT. Cahaya Bintang Manise (CBM),
PT. Allfatih II Kebun Cengkeh
Kejuruan Pramuniaga ditempatkan di
Hypermart ACC, Alfa Midi, Foodmart Ampalz, Hypermart MCM.
Kejuruan Pramusaji ditempatkan di, RM. Kopi Joas, Kafe Pelanggi, Hotel Natsepa, Café Wailela, RM. Apong.
Kejuruan Automotive Roda empat ditempatkan di PT. Combos (Hasrat Abadi), PT Bozoa dan Hino.
Kejuruan Sepeda Motor Roda dua,
Bengkel II Wailela Ambon.
Kejuruan Pendingin penempatan di
Bengkel Mubarok Cahaya Teknik Staile Ambon.
Kejuruan Pengolahan Hasil Perikanan di PT. Holimina Jaya dan Maluku Prima Sukses.

Instruktur yang akan memeberikan materi pada tahapan pelatihan berasal dari FKJP, LPK, BLK Ambon, Asosiasi Profesi dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Maluku.

Peserta kegiatan Magang tahun 2020 adalah pencari kerja yang telah terdaftar pada Dinas Tenaga Kerja Kota Ambon berjumlah 130 orang. (S-16)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in SOROT