Connect with us

Politik

Mendagri akan All Out Dukung KPU Sukseskan Pilkada

Mendagri Muhammad Tito Karnavian, dan Ketu KPU RI, Arief Budiman. /Foto : Puspen Kemendagri

AMBON, SPEKTRUM – Menteri Dalam Negeri atau Mendagri Muhammad Tito Karnavian berkunjung ke Kantor Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) Kamis, 30 Juli 2020.

Pertemuan ini membahas berbagai hal penting yang bertalian dengan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Serentak Tahun 2020, sekaligus Mendagri menyampaikan dukungannya terhadap pelaksanaan tugas-tugas KPU.

“Sore ini memang saya berkunjung ke KPU, dan sebetulnya kita sering komunikasi juga dalam rangka untuk melancarkan tugas-tugas Pilkada ini (agar) tahapannya berjalan lancar,” kata Mendagri, seperti di lansir Pusat Penerangan Kemendagri, Kamis (30/7/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Mendagri juga menyampaikan tentang upaya yang dilakukan Kemendagri dalam memfasilitasi penyediaan anggaran pelaksanaan Pilkada.

“Saya juga menyampaikan informasi ke Pak Arief dan Komisioner lainnya bagaimana kami berusaha untuk mempercepat pencairan anggaran di daerah-daerah dengan berkunjung ke daerah-daerah. Saya melihat bahwa permasalahan anggaran sudah sangat jauh membaik, baik dari NPHD Daerah, hibah daerah maupun juga dari Pusat,” tuturnya.

Selain itu, tujuan dari pertemuan dengan KPU kali ini, kata Mendagri, yakni sebagai forum sharing atau diskusi dalam menjaring masukan, apabila ditemui kendala di lapangan, seperti terkait permasalahan personel atau SDM.

“Yang bermasalah kita coba selesaikan dan carikan jalan keluarnya bersama-sama,” timpal Mendagri.

Mantan Kapolri ini juga menegaskan, dia beserta jajaran Kemendagri akan bekerja keras mendukung tugas-tugas KPU.

“Prinsipnya, kami akan all out mendukung KPU, tetapi tidak ikut campur tentunya pada substansi pemilihannya, hasil pemilihannya apalagi? Kami akan mendukung apapun yang dibutuhkan sesuai dengan kewenangan dan tugas Kemendagri, khususnya dalam kaitan masalah anggaran, masalah personel, masalah administrasi, tata cara, dan lain-lain,” tukas Mendagri. (*/S-14)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Politik