Spektrum

Bersama Membangun Negeri

DKPP – Kemendagri Baku Dukung Demi Kesuksesan Pilkada

DKPP – Kemendagri Baku Dukung Demi Kesuksesan Pilkada

AMBON, SPEKTRUM – Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Muhammad, melakukan pertemuan dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian di Kantor Kemendagri, Jakarta, Rabu, 29 Juli 2020.

Pertemuan ini baik Ketua DKPP maupun Mendagri, sama-sama baku dukung pelaksanaan tugas di lembaga masing-masing. Utamanya siap mensukseskan pelaksanaan pilkada serentak yang akan dihelat pada 9 Desember 2020.

Dalam kunjungan tersebut Ketua DKPP RI kembali menegaskan dukungannya terhadap pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 9 Desember 2020. Mendagri Muhammad Tito Karnavian juga mendukung penuh pelaksanaan tugas DKPP, demi kesuksesan agenda nasional tersebut.

“Kita tahu KPU, Bawaslu, Pemerintah dan DPR sudah menetapkan 9 Desember 2020 sebagai pelaksanaan Pilkada, maka DKPP juga menyatakan dukungan terhadap opsi optimis itu,” kata Ketua DKPP RI, Muhammad, seperti dirilis Pusat Penerangan (Puspen) Kemendagri, Rabu, 29 Juli 2020.

Muhammad mengemukakan tujuan utama ia mendatangni kantor Kemendagri untuk bersilaturahmi sekaligus audiensi dengan Mendagri.

Dalam pertemuan tersebut, Ketua DKPP ini juga menjelaskan tugas DKPP selama pelaksanaan Pemilu dan persiapan Pilkada serentak 2020, serta hubungan Kemendagri dengan DKPP secara kelembagaan.

“Karena sebagaimana dipahami Mendagri atau Kemendagri itu adalah memberikan dukungan teknis administrasi kepegawaian dan anggaran kepada DKPP, seperti itu regulasinya. Karena DKPP belum memiliki Satker sendiri sehingga anggaran DKPP itu masih menginduk kepada anggaran Kemendagri,” terangnya.

Meski begitu, Muhammad menjamin independensi DKPP selama ini dalam melakukan tugas sesuai yang diamanatkan dalam peraturan perundang-undangan.

Selaras dengan itu, Muhammad mengapresiasi komitmen Mendagri dalam mendukung kinerja DKPP selama ini tanpa ikut melakukan intervensi.

“Komitmen beliau dan sikap serta realisasi daripada komitmen itu benar-benar terwujud dalam bentuk dukungan secara maksimal, secara optimal, tanpa ada intervensi apapun juga terkait dengan pelaksanaan tugas atau kemandirian majelis etik di DKPP,” tuturnya.

Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bahtiar mengakui, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian juga mendukung sepenuhnya pelaksanaan tugas Dewan DKPP.

“Prinsip Bapak Mendagri yang seperti disampaikan Pak Ketua tadi, Pak Prof. Muhammad , Kemendagri sangat mendukung segala bentuk dukungan yang dibutuhkan oleh DKPP baik dari sisi penganggaran, SDM maupun hal lainnya,” ujar Bahtiar selepas mendampingi Mendagri saat bertemu Ketua dan Anggota DKPP.

Diakuinya, Mendagri sangat mendukung dan menjaga kemandirian DKPP sebagai lembaga penyelenggara Pemilu yang mandiri, nasional, dan tetap.”Jadi kita (Kemendagri) tidak akan mengintervensi lembaga DKPP,” tandas Bahtiar. (*/S-14)

Pin It on Pinterest