Connect with us

LINTAS MALUKU

Wakapolda Maluku Serahkan Bantuan Kapolri di Negeri Oma

Wakapolda Maluku Brigjen Pol Jan Leonard de Fretes saat saat menyerahkan bantuan Kapolri Jenderal Idham Azis untuk warga di Negeri Oma, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku Jumat, (03/07/2020).

AMBON, SPEKTRUM – Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Maluku Brigjen Polisi Jan Leonard de Fretes menyerahkan bantuan Kapolri Jenderal Idham Azis untuk warga lansia, janda dan yatim piatu di negeri/desa Oma, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku Jumat, (03/07/2020).

Bantuan secara simbolis diterima Raja Negeri Oma Pattiata Eduard di Gedung Kantor Negeri Oma pada Jumat siang. 

Brigjen Polisi Jan Leonard de Fretes mengatakan, bantuan sekitar 200 karung beras ini merupakan pemberian pimpinan Polri untuk warga di negeri Oma.

“Bantuan ini berasal dari Kapolri Jenderal Idham Azis untuk warga yang berhak mendapatkan bantuan,”kata de Fretes, saat beri sambutan di Gedung Kantor Negeri Oma, Jumat siang. 

Bantuan ini, kata dia masih dalam rangkaian Ulan Tahun Bhayangkara yang ke-74 tahun. Ia mengungkapkan rasa terimakasi kepada warga yang telah menerima bantuan dengan senang hati.

“Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberkati warga di sini,” kata Leonard. 

Di tengah warga, Wakapolda Maluku juga memperkenalkan dirinya untuk warga Oma. Ia mengaku seorang putra asli negeri Oma yang lahir dari rahim seorang ibu yang bermarga Uniputi.

“Saya punya mama (Ibu) orang di sini, saya punya mama Uniputi, dulu saya punya Opa namanya Opa Abi,”ujarnya.

Ia mengatakan sejak balita ibunya pernah membawa ia ke negeri Oma pada tahun 1967. Kala itu, ia masih bayi dan sempat dibesarkan di sini. 

“Sudah tiga kali saya datang ke negeri Oma, pertama saya masih balita, kedua di tahun 2012 dan terakhir hari ini sebagai Wakapolda Maluku,”ungkapnya.

De Fretes meminta dukungan dan doa warga negeri Oma agar jabatan wakapolda yang diembannya dapat berguna bagi kemajuan Maluku. 

Raja Negeri Oma Pattiata Eduard mengetakan bantuan bahan makanan berupa 200 karung beras 5 Kg dapat membantu warga di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Ia mengatakan bantuan dari Polri ini akan disalurkan kepada 199 kepala keluarga (KK) yang berhak menerima bantuan  seperti lansia, janda dan yatim piatu. 

Ia menyebut, 199 warga tersebut memang terdata sebagai warga penerima bantuan yang dikhususkan untuk Janda, Lansia dan Yatim Piatu.

“Mereka terdata dan benar-benar berhak mendapatkan bantuan ini. karena mereka ada yang janda, lansia dan yatim piatu,”tuturnya di Gedung Kantor Negeri Oma. Jumat (3/7/2020).

Pemerintah Negeri Oma berterimakasi kepada Wakapolda Maluku Brigjen Pol Jan Leonard de Fretes yang sempat meluangkan waktu di tengah pandemi virus corona (Covid-19) untuk menyalurkan langsung pemberian bantuan dari pimpinan Polri Jenderal Idham Azis.

Sementara sekertaris negeri Oma Asas Wattimena mengapresiasi pelayanan anggota Polri yang bertugas dijajaran Polsek Pulau Haruku.

Kata dia, anggota Polsek Pulau Haruku selalu memberikan masukan dan dukungan demi kemajuan pemerintahan negeri Oma, lanjutnya ia mengatakan aparat juga banyak memberikan bimbingan kepada generasi muda terutama menjaga keamanan dan kenyamanan negeri Oma. 

“Polisi dan masyarakat di sini sangat rukun bahkan polisi selalu memberikan dukungan dan motivasi demi kemajuan negeri Oma,”ungkapnya.

Pemerintah Negeri Oma juga menyalurkan Bantuan Langsung Tunai – Dana Desa (BLT DD) tahap III untuk 193 warga yang berhak penerima manfaat.

“Dana Desa tahap III ini diperuntukan untuk warga yang belum sama sekali tersentuh bantuan sosial seperti PKH, Bansos, dan BLNT,”ungkap Raja Negeri Oma disela-sela pemberian BLT. 

Raja Negeri Oma Pattiata Eduard menambahkan BLT tahap I, dan II sudah disalurkan pada Mei dan Juni. “BLT itu diberikan secara transparan kepada warga dan sesuai harapan,” kata Pattiata Eduard.  (S-07)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in LINTAS MALUKU