Connect with us

COVID-19

Kesadaran Rendah, Corona Terus Menjalar

Ilustrasi

118 Kasus, 90 Pasien Masih Dirawat

AMBON, SPEKTRUM – Upaya pencegahan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah Maluku terhadang. Kesadaran masyarakat untuk berdiam diri di rumah masih rendah. Akibatnya pandemi Covid-19 terus menjalar di wilayah Maluku. Akibatnya angka terkonfirmasi positif Covid-19 terus bertambah.

Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku menyebutkan, jumlah pasien terkonfirmasi positif Corona Virus Disease dari 116 kasus Senin (18/5), kembali bertambah menjadi 118 kasus pada Selasa (19/5/2020).

“Tingginya angka terkonfirmasi pasien positif Covid-19 di Maluku, karena tingkat kesadaran warga untuk berdiam diri di rumah sangat rendah. ini yang menjadi problem kita,” kata Kepala Biro Humas dan Protokol Provinsi Maluku, Melki Lohy saat memberikan keterangan pers di Kantor Gubernur Maluku, Selasa (19/05/2020).

“Kami menyampaikan permohonan maaf kepada teman-teman (wartawan), terkait kodefikasi dari 9 orang termasuk yang meninggal belum bisa diberikan, untuk inisialnya bisa disampaikan. Karena data kodefikasi itu masih disiapkan BTKL Klas II Ambon,” tambah Melki Lohy.

Dari data yang diperoleh 8 orang terkonfirmasi positif itu adalah pasien yang dirawat di LPMP Ambon. Sedangkan 9 senin hingga selasa dengan inisial masing-masing, NW Perempuan (60). Pasien N perempuan usia (23).

Baca juga : Pasien Terkonfirmasi di Maluku Tembus 118 Orang

Pasien dengan inisial KUD perempuan (14 tahun), AT laki-laki 40 tahun, CJ laki-laki 23 tahun, WET laki-laki 60 tahun, A laki-laki 16 tahun. SE perempuan 19 tahun, dan almarhum RWL perempuan perempuan 61 tahun.

Dari 118 kasus di atas, hingga Selasa (19/5) terdapat 21 orang telah sembuh dan pulang ke rumah. Sedangkan korban meninggal dunia 7 orang, dan yang masih dirawat di beberapa rumah sakit sebanyak 90 orang.

Melky Lohy menyatakan, untuk penanganan medis di beberapa rumah sakit maupun tempat karantina masing-masing, RSUD M Haulussy kapasitas tempat tidur buat pasien Covid-19 43 tempat tidur. Total pasien 35 orang yang terdiri dari dua ODP, empat PDP dan yang terkonfirmasi 29 orang, tersisa 8 tempat tidur yang masih tersedia.

Di RST Latumeten kapasitas tempat tidur 16, yang telah digunakan 13 yakni 11 PDP dan 2 terkonfirmasi positif. Tersisa 3 tempat tidur.
Di RS FX. Suharjo Lantamal Halong, kapasitas 8 tempat tidur, yang telah digunakan 4 PDP dan pasien terkonfirmasi 2 orang. Tersisa tempat tidur 2 unit.

BPSDM kapasitas 40 tempat tidur total pasien 34 orang yang terkonfirmasi, tempat tidur yang masih tersedia 6 unit. RS Bhayangkara kapasitas 6 tempat tidur, dan total pasien 5 orang PDP tersisa 1 tempat tidur.

Buru total pasien terkonfirmasi 5 orang, RSUD Masohi total pasien terkonfirmasi 1 orang. Di LPMP ada 16 orang terkonfirmasi, satu orang karantina mandiri. (S-16)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in COVID-19