Connect with us

COVID-19

Posko Gustu Covid-19 Maluku Terima Berbagai Bantuan

Penyerahan paket bantuan dari PT Pos Indonesia Cabang Ambon yang diterima Sekertaris Gugus Tugas Covid-19 Maluku, Henry Far-far di Sekretariat Gustu lantai 6 Kantor Gubernur Maluku

AMBON, SPEKTRUM – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid -19 Provinsi Maluku menerima bantuan dari berbagai pihak sebagai bentuk kepedulian dalam rangka pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19 di Maluku.
Demikian disampaikan Biro Humas dan Protokol Setda Maluku melalui rilis yang diterima Spektrum, Kamis (14/05/2020).

Dalam rilis tersebut disebutkan, bantuan diberikan oleh PT. Pos Indonesia Cabang Ambon, PT. Perikanan Nusantara Ambon dan juga organisasi kemasyarakatan, Forum Maluku Bersatu (FMB).

Penyerahan bantuan dilakukan di Sekretariat Gustu Covid-19 Maluku Lantai 6 Kantor Gubernur Maluku, Kamis (14/5/2020), diterima Sekretaris Gustu Covid-19 Maluku Henry Far-Far.

Bantuan dari PT. Pos Indonesia Cabang Ambon diserahkan Kepala Pos Indonesia Cabang Ambon Muhammad Adam didampingi pejabat Pos Danny Lesnussa.
Bantuan yang diserahkan berupa susu, vitamin dan juga 100 masker untuk para medis.
Sekretaris Gustu Covid-19 Maluku Henry Far-Far didampingi Liaison Officer (LO) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Rochiman menerima bantuan tersebut.

Disusul, bantuan dari PT. Perikanan Nusantara berupa 1.000 masker kain diserahkan pimpinan PT. Perikanan Nusantara, Minto didampingi Kepala Operasional, Roy dan diterima oleh Sekretaris BPBD Maluku, Sais Salong.

Di tempat yang sama, sebelumnya, FMB salah satu organisasi kemasyarakatan menghimbun anak muda di Maluku menyerahkan 150 unit Alat Pelindung Diri (ADP) berupa pakaian Hazardous Material (Hazmat) yang berfungsi melindungi diri dari virus.
Bantuan diserahkan oleh Ketua Umum FMB Julian Palar, didampingi Sekjen Jasmin serta Ketua Dewan Pembina.

Usai terima bantuan, Far-Far menyampaikan terima kasih kepada PT. Pos Indonesia Cabang Ambon, PT. Perikanan Nusantara dan juga FMB serta semua pihak yang memiliki kepedulian yang tinggi terhadap pemutusan mata rantai penyebaran Covid-18 di provinsi ini.
“Kami menyampaikan terima kasih kepada PT. Pos Indonesia Ambon, PT. Perikanan Nusantara, FMB dan semua pihak yang miliki kepedulian dengan adanya wabah ini. Bantuan ini sangat berarti dalam rangka membantu Gustu yang diberikan tugas dan tanggung jawab untuk penanganan virus ini,” kata Far-Far yang juga Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku itu.

Menurut Far-Far, bantuan yang diserahkan berupa susu, vitamin, masker medis dan masker kain serta pakaian Hazmat akan dilaporkan ke Ketua Gustu Covid 19 Maluku Kasrul Selang dan selanjutnya akan segera didistribusikan.
“Bantuan-bantuan ini akan dilaporkan ke Ketua Gustu sebelum didistribusikan,” ujarnya.
Dijelaskan, bantuan berupa pakaian Hazmat ini nantinya akan diserahkan kepada para medis yang merupakan garda terdepan dalam layanan penderita Covid-19.
Far-far berharap bantuan yang diserahkan ini dapat membantu tenaga medis untuk selalu mengenakan APD ketika bertugas sehingga kesehatannya terus terjaga.
“Gustu akan menyerahkannya kepada para medis yang merupakan garda terdepan dalam layanan penderita Covid-19 dan juga pasien,” tukasnya.
Far-Far meminta agar semua pihak dapat menerapkan protokol kesehatan yang merupakan kunci sukses pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19, antara lain jaga jarak, sering cuci tangan dan bila terpaksa keluar rumah maka wajib pakai masker.

Sementara itu, Ketua FMB Julian Palar mengakui bahwa bantuan yang disalurkan ini dimaksudkan untuk membantu Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Maluku dalam menjalankan tugas penanganan dan pengendalian wabah Covid-19.

Bantuan yang diserahkan ini sebelumnya direncanakan disalurkan FMB ke Gustu Kabupaten/Kota di Maluku dalam terkendala penerapan Pembatasan Sosial Berskala Regional.
“Planning awal kami akan salurkan ke kabupaten/kota namun karena aksesnya agak sulit, maka kami memutuskan menyerahkannya di Gustu Covid-19 Maluku,” tukas Palar. (S-16)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in COVID-19