Connect with us

COVID-19

Jenazah Terkonfirmasi Positif Covid-19 Ambon Dimakamkan Tengah Malam

Petugas dari PMI Provinsi Maluku terlihat menggotong peti jenazah pasien terkonfirmasi Covid-19 yang dimakamkan di TPU Hunuth-Ambon. (ist)

AMBON, SPEKTRUM – Proses pemakaman jenazah, setelah hasil terkonfirmasi pasien LS positif Corona Virus Desease Infaction 2019 atau Covid-19, telah dilakukan di tengah derasnya hujan. Pemakaman Kamis, 7 Mei 2020 sekira pukul, 01:00 WIT tengah malam atau dini hari, di Tempat Pemakaman Umum (TPU), Hunuth, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon.

Jenazah LS adalah pedagang pasar itu, dalam kondisi hujan dengan jalanan berlumpur, petugas dari PMI Provinsi Maluku terlihat menggotong peti jenazah dari mobil jenazah milik RSUD Haulussy-Ambon menuju liang lahat, sebagai tempat peristirahatan terakhirnya.

Dari pantauan di lapangan, petugas berpakaian hazmat putih sesuai standar Kemenkes-RI, terlihat sigap dan berhati-hati melangkah di jalanan licin akibat hujan.

Baca juga : Satu Pasien Positif Covid-19 Meninggal di RSUD Haulussy-Ambon

Positif pasien tersebut juga diakui Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, Kasrul Selang. Setelah dirinya menerima laporan dari hasil pemeriksaan pasien LS itu, lantaran hasil uji swab dengan PCR di laboratorium, ternyata positif.

Petugas pemakaman PMI Provinsi Maluku saat memakamkan jenazah LS Covid-19 (ist)

Pasien positif meninggal itu sebelumnya dirawat Minggu, 3 April 2020 di RSUD Haulussy Ambon. Namun, kondisinya tidak bisa tertolong lagi, walau petugas medis telah memberi perawatan.

Menurut Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kasrul Selang yang juga Sekda Maluku ini, bahwa setelah diperiksa, memang hasil pemeriksaan menunjukan positif.

“Jadi tadi (kemarin-red), kami telah dikonfirmasi dari Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP), dan hasilnya memang positif,” akui Kasrul Selang.

Disampaikan, petugas juga melakukan pengecekan terhadap keluarga pasien Covid-19 sebagai orang terdekat. Bahkan ditambah dengan riwayat selama pihak lain berkontak dengan LS selama masih hidup, dengan menggunakan Rapid Test.(TIM)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in COVID-19