Connect with us

Berita Utama

Gubernur Maluku: Pejabat Harus Jujur

Gubernur Maluku Irjen Pol (Purn) Murad Ismail Saat Melantik dan Mengambil Sumpah 19 Pejabat Eselon II Pemprov Maluku, di Lantai VII Kantor Gubernur Maluku, Jalan Pattimura Nomor 1 Kota Ambon, Rabu (22/04/2020)

Lailossa Kepala Bappeda, 19 Pejabat Dilantik

Gubernur Maluku, Murad Ismail melantik dan mengambil sumpah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama lingkup Pemerintah Provinsi Maluku bertempat di lantai 7 Kantor Gubernur Maluku, jalan Pattimura Nomor 1 Kota Ambon, Rabu (22/04/2020). Pelantikan berdasarkan SK Gubernur Nomor 203 Tanggal 22 April 2020.

AMBON, SPEKTRUM – Dalam sambutannya Gubernur menegaskan, penataan birokrasi akan terus dilakukan untuk mendapatkan struktur birokrasi yang ideal agar diisi oleh orang yang tepat.

“Memiliki integritas dan kapasitas yang kuat serta profesional. Oleh sebab itu pelantikan pejabat harus dimaknai sebagai kebutuhan organisasi dalam rangka meningkatkan efektifitas penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan publik,” kata Gubernur.

Dikatakan, setidaknya ada tiga indikator utama yang harus diperhatikan dalam proses penataan birokrasi dengan mengedepankan sistem merit yaitu kualifikasi, kompetensi atau kapabilitas serta kinerja ASN.

“Tiga indikator inilah yang menjadi dasar bagi kita dalam menempatkan ASN pada jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkup Pemerintah Provinsi Maluku,” jelasnya.

Menurutnya, sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas, Murad menegaskan sekaligus menginstruksikan beberapa hal strategis yakni, pelantikan dilakukan saat situasi bangsa dan daerah dalam darurat bencana pendemo Covid-19.

“Untuk itu tugas utama ssudara-saudara adalah lakukan langkahnpencegahab penyebaran covid-19 dan penanganan dampaknya bagi masyarakat baik dari aspek sosial maupun ekonomi,” ingatnya.

Selain itu, pejabat yang dilantik juga diingatkan untuk bangun koordinasi, komunikasi dan kolaborasi secara efektif dengan semua unit kerja dan pemangku kepentingan baik dalam penanganan pendemo covid-19 maupun pelaksanaan tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan publik lainnya.

“Hal ini perlu saya tegaskan karena kita butuh kebersamaan untuk menghadapi situasi darurat dan kebersamaan untuk memajukan daerah serta mensejahterakan masyarakat Maluku,” jelasnya.

Gubernur pun mengingatkan, pejabat yang baru dilantik bekerja keras saja belum cukup, namun harus diikuti dengan jujur, cerdas, dan tuntas serta akuntansi.

“Saya ingin birokrasi Pemda Maluku tudak monoton tetapi harus tanggap dan berani buat terobosan baru. Kita juga harus bekerja dengan cepat dan bahkan harus berlari agar dapat mengejar ketertinggalan dengan daerah lain,” katanya.

Sebanyak 19 orang pejabat yang dilantik Gubernur Maluku masing-masing, Ir. Ismail MT jabatan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Maluku, sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku. Sementara Anton Lailossa dilantik sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Maluku, dari sebelumnya menjabat Kepala Dinas Pendapatan Provinsi Maluku.

Zalaludin Salampessy dilantik sebagai Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Maluku. Muhammad Marasabessy dilantik sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Maluku. Shandy Alexander Wattimena sebagai Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Maluku.

Abdul Haris dilantik sebagai Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku. Rooy Syauta Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Maluku. Umar Al Habsyi menjabat Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Maluku.

Halima Soamole, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Maluku. Daniel Edward Indey Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Maluku. Bodewin Wattimena Sekretaris DPRD Maluku. Jhon Andre Adrian Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Maluku. Deny Lilipory, Kepala Dinas Pemukiman dan Perumahan.

Abdul Maruapey Kepala Biro Umum Setda Provinsi Maluku. Melky Lohy Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Maluku. Dominggus Nicodemus Kaya Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi Maluku. Drs. Haji Muhammad Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Maluku.

Alwiyah Alaydrus Kepala Biro hukum dan Hak Azasi Manusia Provinsi Maluku. Dan Ir. Muhammad Kepala Biro Administrasi Pembangunan dan Pengadaan Barang Jasa Setda Provinsi Maluku. (S-16)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Berita Utama