Connect with us

LINTAS MALUKU

Hasil Rapid Test, Warga Kontak Erat Pasien 01 Bursel Negatif

Kepala Dinas Kesehatan Buru Selatan, Ibrahim Banda

NAMROLE, SPEKTRUM – Hasil penelusuran atau tracking terhadap warga yang lakukan kontak erat dengan pasien 01 Kabupaten Buru Selatan ternyata semuanya negatif.

Kepala Dinas kesehatan Kabupaten Bursel
Ibrahim Banda, menjelaskan pasien positif covid-19 yang berasal dari Desa Simi Kecamatan Waesama Kabupaten Buru Selatan, terkonfirmasi positif Covid-19. Untuk memutuskan mata rantai penyebaran virus tersebut, Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Bursel lakukan tracking dan Rapid Test kepada orang-orang yang pernah kontak erat dengan pasien 01 Bursel.

Hasil tracking dan Rapid Test yang dilakukan kepada keluarga pasien 01, maupun sejumlah orang yang diketahui melakukan kontak erat dengan pasien 01 tersebut ternyata negatif

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 ini menjelaskan, ada beberapa orang sudah ditest gunakan Rapid Test dan hasilnya non reaktif atau negatif.

Banda juga menjelaskan, tracking juga meliputi orang dari desa lain yang telah melakukan perjalanan dalam satu mobil, dan pernah berkomunikasi atau diskusi dengan pasien 01.

“Tracking mulai dari Desa Simi, Desa Lena, Desa Waitawa, Desa Waetawa, Desa Wamasisi dan Desa Hote Jaya, yang berada dikecamatan Waesam. Dari tracking ini kita berharap agar orang orang yang pernah lakukan kontak langsung dengan pasien 01, baik yang satu mobil maupun yang pernah kontak langsung dengan pasien 01 di rumah, sudah kits ambil dan periksa hasilnya semua negatif,” kata Banda.

Banda menjelaskan, sasaran dan tujuan utama melakukan tracking dan Rapid Test guna untuk mengetahui jika dalam tracking ada tanda atau gejala seringan apapun yang mengarah ke gejala Covid-19 maka akan dinaikkan menjadi Orang Dalam Pengawasan (ODP).

“Jika nanti ada yang masuk ODP maka akan langsung dilakukan Rapid Test sehingga bisa mengetahui seperti apa hasilnya. (MG8)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in LINTAS MALUKU