Connect with us

LINTAS MALUKU

Cegah Corona, Warga Desa di Kabupaten SBB Palang Jalan

PIRU, SPEKTRUM – Inisiatif warga dan aparat pemerintah desa memalang ruas jalan di sejumlah perkampungan pada 11 Kecamatan di wilayah Kabupaten Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku, karena takut terpapar Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19.

Wartawan Spektrum melaporkan dari Kabupaten SBB, Sabtu malam, (18/04/2020), langkah pencegahan ini dilakukan oleh warga dan pihak pemerintah desa, guna memutus mata rantai penyebaran pandemi Covid-19. Sejumlah Desa dan Dusun di wilayah Kabupaten berjuluk Saka Mese Nusa itu, jalan daratnya telah dipalang.

Aksi penutupan jalur darat di sejumlah desa dan dusun atau perkampungan ini, telah berlangsung selama tiga hari. Warga setempat tak mau ambil resiko. Sebab, pekan lalu Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku di Kota Ambon, menyatakan salah satu warga asal Kabupaten SBB (kasus 10), terkonfirmasi positif Covid-19.

Dari pantauan Wartawan Spektrum, pemalangan jalan raya ini diantaranya, di wilayah Kecamatan Seram Barat, KecamatanTaniwel dan Kecamatan Huamual, Kabupaten SBB.

Setiap pengendara roda dua dan empat yang melintas di jalur yang dipalang, tetap diperiksa identitas berupa KTP dan lainnya. Pos penjagaan dilengkapi petugas Kesehatan.

Di Desa Piru dan Desa Eti misalnya, hampir semua ruas jalan dan lorong telah ditutupi dengan menggunakan bambu. Penjaganya adalah petugas desa dan warga.

Para pengendara dan penumpang diturunkan kemudian disuruh untuk mencuci tangan. Seterusnya jika ditemukan ada gejala, maka pengendara atau penumpang langsung diarahkan ke petugas kesehatan yang berjaga di lokasi guna memeriksa suhu tubuh mereka, dengan menggunakan alat tes cepat atau Rapid Test.

Hal yang sama pun terjadi di Dusun Pelita Jaya, Dusun Katapang, Desa Loky, Desa Ariate, Kecamatan Huamual, serta sejumlah desa di wilayah Kecamatan Taniwel dan Taniwel Timur, juga dilakukan pemalangan jalan darat.

“Hal ini kami lakukan sebagai bentuk pencegahan sekaligus memutus mata rantai Virus Corona di wilayah kabupaten Seram Bagian Barat,” ungkap para warga dan petugas desa yang berjaga di lokasi kepada Spektrum, Sabtu malam. (MG-06 )

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in LINTAS MALUKU