Connect with us

Berita Utama

Penduduk Miskin Bertambah 23 Persen

Gubernur Murad
Gubernur Maluku, Murad Ismail saat berikan keterangan pers kepada wartawan di Kantor Gubernur Maluku, Kamis, (16/04/2020).

AMBON, SPEKTRUM – Dampak yang ditimbulkan akibat wabah  Covid-19,  sangat terasa pada level ekonomi bawah. Jumlah orang miskin tiba-tiba melonjak. Hanya dalam tiga bulan Prosentase orang miskin di tahun 2020 melonjak jadi 40 persen. 

Sebelumnya penuduk miskin hanya  17 persen dari total jumlah penduduk. “Ini berarti ada kenaikan sekitar 23 persen,” tandasnya. Kata  Gubernur Maluku, Murad Ismail saat berikan keterangan pers kepada wartawan di Kantor Gubernur Maluku, Kamis, (16/04/2020). 

Angka terpapar kemiskinan ini diprediksi Gubernur akan terus terjadi, sebelum pandemi corona berakhir. Untuk itu, pihaknya mengambil ahli kebijakan penanganan penduduk miskin. 

Baca juga : Atasi Covid-19 Pemprov Maluku Berlakukan Pembatasan Regional

“Provinsi Maluku saya ambil alih untuk tangani 20 persen. Dan sisa 80 persen diserahkan ke 11 kabupaten dan kota untuk menangani minimal 7 persen masyarakat terpapar miskin,” jelasnya.

Gubernur, mengaku sudah melakukan  pendekatan ke sejumlah kementerian terutama Kementerian Sosial agar bantuan yang telah disiapkan Pemerintah Pusat segera dikucurkan.

“Bantuan sosial yang turun ke provinsi bukan punya gubernur atau dinas sosial tapi punya masyarakat yang terpapar miskin yang harus diberikan selama 6 bulan ke depan,” kata mantan Kakor Brimob Polri itu.

Dia  juga meminta agar media menyampaikan berita yang benar melalui kroscek secara teliti. “Saya berharap media bisa memberitakan hal yang benar tidak menimbulkan kepanikan warga,” katanya berharap.(S-16)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Berita Utama