Connect with us

LINTAS MALUKU

6.000 Rapid Test Siap Disalurkan

AMBON, SPEKTRUM – Pemda Maluku telah menerima 6.000 stik Rapid Test dari Pemerintah Pusat.
Rapid rest tesebut nantinya akan didistribusikan ke 11 kabupaten dan Kota di Maluku.
“Rapid Test telah kita terima sebanyak 6.000 stik yang akan dibagikan ke 11 kabuoaten dan kota di Maluku,” kata Ketua Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Kasrul Selang saat memberikan keterangan pers di ruang rapat khusus lantai VI Kantor Gubernur Maluku, Selasa (31/03/2020).

Menurutnya, Rapid Test akan dibagikan kepada mereka yang rentan berhubungan dengan penyebaran covid-19.
“Karena jumlahnya sangat terbatas maka akan diprioritaskan kepada mereka yang berada diujung tombak penyebaran covid-19, misalnya petugas kesehatan serta keluarganya, kemudian pasien yang telah dinyatakan positif pada saat pengobatan lanjutan,” katanya.

Dikatakan, jumlah tersebut terdengar banyak tapi setelah disalurkan ke kabuoaten kota maka jumlah tersebut menjadi sedikit.
“Untuk itu kita gunakan hanya bagi yang prioritas saja,” tegasnya.

Untuk diketahui, Rapid test adalah metode skrining awal untuk mendeteksi antibodi, yaitu IgM dan IgG, yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan virus Corona. Antibodi ini akan dibentuk oleh tubuh bila ada paparan virus Corona.

Dengan kata lain, bila antibodi ini terdeteksi di dalam tubuh seseorang, artinya tubuh orang tersebut pernah terpapar atau dimasuki oleh virus Corona. Namun, perlu Anda ketahui, pembentukan antibodi ini memerlukan waktu, bahkan bisa sampai beberapa minggu.

Jadi, rapid test hanyalah sebagai pemeriksaan skrining atau pemeriksaan penyaring, bukan pemeriksaan untuk mendiagnosa infeksi virus Corona atau COVID-19.

(S-16)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in LINTAS MALUKU