Connect with us

KILAS BALIK

Cegah Covid-19, MUI Maluku Keluarkan Seruan

AMBON, SPEKTRUM – Pemerintah Provinsi Maluku, MUI Maluku dan MUI Kota Ambon serta Kanwil Kemenag Maluku, Imam Besar Masjid Raya Alfatah mengacu Keputusan Gubernur Maluku Nomor 148 tahun 2020 tentang penetapan status Tanggap Darurat Bencana non Alam, akibat virus corona/covid-19, di wilayah Provinsi Maluku.

Mengacu hal tersebut, maka MUI Maluku, MUI Kota Ambon dan lainnya, memutuskan, mulai Jumat 27 Maret 2020, tidak dilaksanakan Sholat Jumat dan diganti dengan Sholat Dzuhur di rumah masing-masing untuk Kota Ambon dan sekitarnya.
“Sholat lima waktu dilakukan di rumah masing-masing sampai dengan waktu yang akan ditentukan Pemerintah Provinsi Maluku bahwa situasi telah aman,” kata Ketua MUI Maluku, Abdullah Latuapo kepada wartawan di Kantor Gubernur Maluku, Jumat (27/03/2020), usai pertemuan dengan Sekda Maluku bersama instansi terkait.

“Kita tetap ikut keputusan pemerintah, karena ini sangat bahaya dan tidak nampak, penyakit ini merayap bagai ular dibawa daun. Pengawasan diserahkan pihak kepolisian,” kata Latuapo.

Menyikapi keputusan MUI, Kapolresta Pulau Ambon, Leo Simatuoang menjelaskan, untuk pengamanaan pihaknya dibantu Dandim 1504 Pulau Ambon dan Pp Lease, akan lakukan patroli bersama sekaligus himbauan kepada para Imam Masjid untuk menindaklanjuti keputusan bersama yang telah ditetapkan hari ini.
“Kami lakukan patroli bersama dibantu Dandim selain lakukan patroli kita juga menghimbau Imam Masjid untuk menindaklanjuti keputusan bersama yang telah ditandatangani tersebut,” kata Simatupang.

Sekda Maluku, Kasrul Selang, berterima kasih karena seluruh pimpinan umat beragama telah membantu mengatasi masyarakat dengan lakukan upaya pencegahan dini Covid-19.
“Kami telah dapat surat edaran dari Sinode, PGI serta denominasi gereja, bersama dengan pimpinan umat upayakan pencegahan dini Covid 19. Kita telah menerima informasi dari Sinode bahwa perjamuan kudus dilakukan di rumah jemaat. Kami pemerintah lakukan tugas kami, pimpinan umat lakukan tugasnya, Kapolda dan Panglima lakukan tugas masing-masing, saling mendukung untuk pencegahan Covid 19,” kata Selang. (S-16)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in KILAS BALIK