Connect with us

Berita Utama

Gubernur Imbau Warga Tetap Tenang

– Cegah Corona, Harus Kompak

Seluruh warga diharapkan untuk tetap tenang dalam menghadapi penyebaran virus Corona (COVIDD-19). Imbaun ini disampaikan Gubernur Provinsi Maluku, Murad Ismail, melalui siaran persnya kepada Spektrum Minggu (22/03/2020) malam.

AMBON, SPEKTRUM – Menindaklaklanjuti hasil pemeriksaan Laboratorium Litbangkes Kementerian Kesehatan RI terhadap dua sampel COVID-19 dari RSUD Haulussy, Gubernur Maluku Murad Ismail menyatakan, satu sampel negatif, dan satu sampel lainnya positif COVID-19. “Ini selanjutnya akan disebut sebagai Kasus 01,” ujar Gubernur.

Dikemukakannya, sejak diketahuinya informasi pada pukul 04.00 WIT Minggu (22/03) dini hari kemarin, Gugus Tugas COVID-19 Provinsi Maluku langsung berkoordinasi dengan pihak-pihak antara lain, Kodam XVI/Pattimura, Polda Maluku, Walikota Ambon, dan Gugus Tugas Nasional.

Menurutnya, langkah-langkah penting yang dilakukan harus sesuai prosedur tetap atau protap. Antara lain, melakukan Tracking (Pelacakan) terhadap orang-orang yang berisiko.

Kemudian menyiapkan lokasi isolasi, memperketat pintu keluar dan masuk (Bandara dan Pelabuhan), serta mengantisipasi dampak pasca terkonfirmasinya pasien COVID-19.

Selain itu, Gubernur mengimbau seluruh masyarakat Maluku untuk tetap tenang, dan mendukung Gugus Tugas, dengan menjalankan kewajibannya untuk isolasi mandiri di rumah.

Semua pihak pun diharapkan untuk saling mendukung serta bekerjasama atau kompak dalam mencegah menyebarnya COVID-19 di wilayah Maluku.

“Untuk masyarakat Maluku, saya harap tetap tenang dan mendukung pemerintah/TNI/POLRI melalui Gugus Tugas, dengan menjalankan kewajibannya untuk isolasi mandiri di rumah,” anjurnya.

Disamping itu, Gubernur menganjurkan kepada para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Pimpinan Partai Politik untuk mengajak masyarakat melakukan isolasi mandiri, social distancing.

“Mari kita selalu berdoa semoga Tuhan Yang Maha Kuasa selalu menyertai, dan melindungi kita semua dalam situasi yang sedang kita hadapi bersama saat ini,” anjurnya. (TIM)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Berita Utama