Connect with us

Metropolis

Alasan Corona, Kemkominfo Tunda Pelatihan SDM Academy

AMBON, SPEKTRUM – Pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM), program regional development academy oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo RI), telah dijadwalkan berlangsung selama satu minggu kedepan.

Kegiatan ini dimulai Senin (16/03/2010) di Santika Hotel, Kota Ambon, Provinsi Maluku. Namun secara mendadak ditunda oleh pihak Kemkominfo RI.

Padahal, seluruh peserta sehari sebelum kegiatan sudah dikarantina di Hotel Santika. Namun Senin kemarin, saat kegiatan hendak dimulai, justru para peserta utusan dari Dinas Infokom 11 kabupaten dan kota se Maluku, dipulangkan ke daerah masing-masing,dan menunggu kabar selanjutnya dari Kemkominfo.

Kegiatan tersebut direncanakan akan dilaksanakan selama seminggu. Namun karena menyebarnya isu Virus Corona, sehingga pelatihan ini dibatalkan, dan ditunda hingga kondisi membaik.

Mantan Kepala Biro Humas Kemkominfo RI, Nooriza, membenarkan adanya penundaan kegiatan dimakaud.

Alasannya, Kemkominfo menyadari pentingnya untuk secara bersama sama melakukan pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19).

“Salah satunya adalah dilakukan pembatasan kegiatan-kegiatan yang di dalamnya melibatkan banyak peserta sehingga diharapkan dapat meminimalisir terjadinya perpindahan virus Corona,” kata Nooriza saat dikonfirmasi Spektrum dari Ambon, melalui Whatsapp, Senin malam, (16/03/201).

Dikatakan, program tersebut rencananya akan tetap dilanjutkan dengan perubahan skema pelaksanaan, dengan menjalankan bantuan teknologi informasi secara daring atau online.

Sementara itu, Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo Basuki Y. Iskandar menjelaskan, penundaan tersebut sesuai arahan Menteri Kominfo untuk melakukan skema secara daring (online), dan pihaknya langsung melakukan persiapan.

“Kapan akan efektif, kami harapkan secepatnya dapat diterapkan,” kata Basuki Iskandar. (S-16)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Metropolis