Connect with us

Daerah

Kunker di Saumlaki, Kapolda Maluku Temui Semua Elemen

AMBON, SPEKTRUM – Kabupaten Kepulauan Tanimbar atau KKT, Provinsi Maluku, adalah kabupaten pertama yang dikunjungi Kapolda Maluku, Irjen (Pol) Baharudin Djafar, setelah dilantik Kapolri Jenderal Idham Azis, Februari 2020.

Kunjungan kerja (kunker) di Saumlaki, Ibu Kota Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Jumat (6/3/2020), Kapolda melaksanakan pertemuan dengan seluruh unsur elemen mulai pemerintah, TNI, Polri, Tokoh Agama, masyarakat, termasuk para pengusaha. Pertemuan dipusatkan di gedung kesenian Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Dalam pertemuan itu Kapolda meminta, agar semua elemen yang ada di Bumi Duan Lolat tersebut, bersatu tetap bersinergi demi pembangunan dan mamajukan KKT untuk kesejahteraan masayarakat.

“Sinergitas antara Polri, TNI dan suluruh komponen masyarakat sangat penting, Polisi tidak bisa menjaga Kamtibmas sendiri tanpa ada dukungan dari semua pihak. Keamanan jugalah menjadi penentu utama kemajuan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah ini (KKT),”ujarnya.

Kapolda juga berharap Aparatur Sipil Negara (ASN), anggota TNI dan Polri, selalu berperilaku baik dalam melayani masyarakat. Menjadi contoh dan teladan yang baik bagi semua orang, selalu berbuat yang terbaik, dan menjauhi pelanggaran yang tidak menguntungkan.

“Bagi semua, hindari perbuatan yang menyimpang, seperti menkonsumsi minuman keras, apalagi mengedarkan narkoba dan lainnya. Kita harus sekata dengan perbuatan. Bagaimana cara agar kita bisa sekata dengan perbuatan, tingkatkan iman kita, dekatkan diri dengan yang Maha Kuasa, agar kehidupan kita menjadi baik. Jika kita adalah pimpinan, maka layanilah anak buah kita dengan baik, pimpinan tidak boleh mengambil milik anak buahnya, kecuali mengambil tanggungjawab. Kedepan KKT pasti maju dan sejahtera dengan adanya blok masela,” tutur Kapolda.

Kesempatan ini, Kapolda juga mendatangi Markas Komando (Makodim) 1507/Saumlaki, Mako Yonif 734/ Surya Samudera Nusantara, dan Markas Komando Lanal Saumlaki.

Kapolda juga mengingatkan para prajurit untuk menjaga dan meningkatkan sinergitas dan soliditas antara TNI-Polri dan masyarakat. Sinergitas TNI/Polri, menjadi hal yang sangat penting dan sebuah kewajiban, karena Presiden telah menekankan dalam situasi apapun bisa diatasi jika TNI/Polri, dan masyarakat bersinergi.

“Sinergitas TNI/Polri itu sifatnya mutlak. Saya dibesarkan di lingkungan TNI, jadi apapun alasannya, sinergitas TNI/Polri di KKT, tidak bisa diubah maupun dibayar dengan apapun. Apalagi daerah ini akan menjadi perhatian dunia. Sebab ada blok masela,” tandas jenderal polisi bintang dua ini, di hadapan para prajurit TNI.

Mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini juga menegaskan, kemajuan KKT bukan menjadi tanggungjawab pemerintah daerah dan masyarakat semata, tetapi menjadi tanggungjawab TNI dan Polri.

Dalam kunjungan ini, Kapolda didampingi Karo SDM, Direktur Krimum Polda Maluku dan Kapolres Maluku Tenggara Barat. (S-01)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Daerah