May 7, 2021

Spektrum

Bersama Membangun Negeri

Cegah Kanker, PIA AG 7/D III Lanud Pattimura Gelar Penyuluhan

Cegah Kanker, PIA AG 7/D III Lanud Pattimura Gelar Penyuluhan

AMBON, SPEKTRUM – Upaya dini mencegah penyakit kanker, PIA AG 7/D. III Lanud Pattimura menggelar penyuluhan Selasa (03/03/2020). Dimana era globalisasi menuntut adanya perubahan terhadap pola hidup masyarakat.

Perubahan pola hidup dan pola prilaku masyarakat akan sedikit banyak mengubah prilaku masyarakat itu sendiri. Baik dari segi makanan yang dikonsumsi, rutinitas, dan prilaku biologis. Tentu salah satu imbasnya adalah aspek kesehatan.

Berangkat dari hal ini, PIA Ardhya Garini Cabang 7/D.III Lanud Pattimura yang bekerjasama dengan YSKI (Yayasan Sosialisasi Kanker Indonesia) mengadakan sosialisasi terhadap penyebab, bahaya, dan cara pencegahan kanker di Gedung Luhukay Lanud Pattimura, Ambon, Selasa (3/03/2020).

Letda Sus Aradichi Prihandana (Kapen Lanud Pattimura) mengatakan, sesuai tema yang diangkat dalam sosialisasi, yakni menciptakan masyarakat yang sadar secara penuh tentang bahaya penyakit kanker, memberikan pemahaman tentang penyakit kanker kepada seluruh masyarakat Indonesia, berdayakan masyarakat yang sehat, mandiri dan cerdas dalam menghadapi dan mencegah penyakit kanker.

Dalam momen ini, Ny. Adim Sapuan selaku Ketua PIA AG Lanud Pattimura mengemukakan, penring untuk memberikan informasi kepada masyarakat secara dini akan membantu mengurangi peningkatan penyakit kanker yang ada di Indonesia.

Maka dengan itu PIA AG Cab 7/D.III Lanud Pattimura bersama YSKI bersama untuk memberikan edukasi kepada hadirin untuk mari bersama-sama mengetahui bagaimana penyakit kanker dan upaya untuk mencegahnya.

Sementara Ibu Sisi yang hadir sebagai pembicara menegaskan bahwa Menteri Kesehatan Republik Indonesia menerangkan permasalahan kanker di Indonesia cukup besar. Setiap tahun diperkirakan 12 juta orang di dunia menderita kanker dan 7,6 juta diantaranya meninggal dunia.

Diperkirakan pada tahun 2030 kejadian tersebut dapat mencapai hingga 26 juta orang dan 17 juta di antaranya meninggal akibat kanker.

“Berdasarkan keterangan diatas YSKI memulai satu wujud perjuangan melawan kanker dengan cara memberikan sosialisasi kepada seluruh elemen masyarakat tentang penyakit kanker. Dengan langkah awal membangun kerja sama yang baik dengan pemerintahan setempat YSKI melanjutkan perjuangan sosialisasi ke seluruh kabupaten yang ada di Indonesia,”ujarnya. (S-01)

Pin It on Pinterest