Connect with us

Peristiwa

1 Hektar Kebun Nanas Ludes Terbakar

AMBON, SPEKTRUM – Kebun nanas dan pohon bambu seluas 1 hektar, Senin , (24/02/2020), milik keluarga Patiasina di kawasan Lateri, Kecamatan Baguala, Kota Ambon,   Provinsi Maluku, ludes terbakar. Akibat kejadian ini, pemilik lahan mengalami kerugian kehilangan ratusan tanaman Nanas dan pohon bambu.

Kasubbag Humas Polresta Pulau Ambon dan Pulau pulau Lease, Iptu Julkisno Kaisupy, Senin (24/2/2020) menerangkan, peristiwa kebakaran terjadi Senin, sekira pukul 14.00 Wit. Kebakaran berawal dari ada pembakaran tumpukan sampah daun oleh saksi Out Nia Talaksoru (60), pada pukul 08.00 Wit.

Akibatnya, pembakaran itu menjalar hingga ke lahan kebun milik keluarga Patiasina dan menghangsukan tanaman namas dan pohon bambu yang luasnya kurang lebih 1 hektar.

Menurut saksi Out Nia Talaksoru (60), bahwa pukul 08.00 Wit, saksi sedang membersihkan sampah daun disekitar rumahnya. Saksi kemudian membakar sampah itu dan pergi meninggal sampah yang sedang menyala itu, dan saksk kembali ke rumahnya.

Baru sekitar pukul 13.15 Wit, saksi terkejut dengan kobaran api yang kian membesar disebabkan tiupan angin kencang, sehingga menjalar dan membakar kebun nanas yang jaraknya sekitar 100 meter dari rumah saksi.

“Dengan alat seadanya, saksi  bersama keponakannya berusaha untuk memadamkan api, namun api tidak dapat dipadamkan karena tiupan angin kencang. Dan sekitar pukul 15.00 WIT, 3 mobil tangki air datang untuk memadamkan api, dan dibantu  Bhabinkamtibmas kelurahan Lateri  bersama Anggota piket polsek Baguala. Dan baru pada  pukul 17.15, api baru berhasil dipadamkan. (S-01)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Peristiwa